Bupati Manokwari Hadiri Syukuran 51 Th Kerukunan Keluarga Kawanua, Ini Harapannya

MANOKWARI, gardapapua.com — Bupati Manokwari Hermus Indou, menghadiri langsung kegiatan syukuran ke-51 tahun Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, pada Sabtu (2/7/2022), bertempat disalah satu tempat rekreasi, Amban, Manokwari.

Kegiatan itu dirangkumkan dalam peringati hari kepahlawanan mendiang Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi (5 November 1890 – 30 Juni 1949), atau lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi, yang merupakan tokoh multidimensional berlatar belakang seorang politikus, jurnalis, dan guru dari Sulawesi Utara, Indonesia.

Ia dikenal dengan filsafatnya: “Si tou timou tumou tou” yang artinya: manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia.

Itu dikumandangkannya untuk mewujudkan kearifan lokal Minahasa dengan pola hidup yang saling menyayangi, saling mengasihi, saling menolong (masawang-sawangan), saling menopang (matombo-tombolan), saling mengingatkan juga saling mendengarkan, dan juga diimplementasikan oleh berbagai pembangunan di wilayah Ibukota Provinsi Sulawesi Utara, Kota Manado, bahkan oleh warga Kawanua di tanah perantauan sekalipun.

Sebagaimana kehadirannya, Kerukunan Keluarga Kawanua adalah wadah bagi masyarakat Kawanua di perantauan untuk berhimpun, berpendapat, berkarya dan berinteraksi dengan sesama untuk mengenal satu dengan lainnya dan mempererat tali persaudaraan.

Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam kesempatannya mengaharapkan Kerukunan Keluarga Kawanua diharapkan dapat menjadikan anggotanya sebagai elemen yang selalu hadir di tengah masyarakat untuk memberikan amal baktinya kepada seluruh masyarakat. Berupaya mendorong peran aktif anggotanya dalam membantu pemerintah daerah memberdayakan masyarakat dan memajukan daerah, khususnya Kabupaten Manokwari.

” Khusus untuk kegiatan HUT ke -51 dari Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) dan terlebih khusus dalam perayaan memperingati hari perjuangan Sam Ratulangi di Tahun 2022 ini, harapan saya tentunya spirit dari Sam Ratulangi sebagai Pahlawan kiranya mampu memotivasi dan memberikan dorongan kepada semua masyarakat Kawanua di Kabupaten Manokwari untuk bersama – sama berjuang dan melanjutkan perjuangan itu dengan mengisi setiap kegiatan pembangunan di kabupaten Manokwari dengan hal – hal positif,”Harap Bupati Hermus

Selain itu, sebagai bagian dari suku Nusantara dan Masyarakat di Manokwari, serta sebagai Pilar Sosial yang terlibat dalam hal pembangunan daerah, sebagai Pemerintah Daerah berharap Masyarakat Kawanua tetap eksis mendukung tatanan pemerintahan yang sedang berjalan dengan berbagai program dan Visi – Misi pembangunan daerah.

“Juga harapannya mendukung penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Manokwari. Tentu kalau kabupaten ini maju serta sejahtera, adalah milik kita bersama. Dan kemajuan yang kita capai adalah kemajuan kita bersama. Dan kita berharap untuk setiap suku – suku lainnya yang ada, agar mampu menjaga tatanan sosial hidup bermasyarakat berdampingan dengan baik dengan suku – suku lainnya, juga integrasi sosial yang sudah diberikan oleh Tuhan sebagai anugerah kepada kita semua,” Tukasnya.

Sementara itu, Frans Wagey selaku Ketua Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Kabupaten Manokwari, juga berpesan agar melalui peringatan ke -51 tahun keberadaan Kerukunan Keluarga Kawanua di Manokwari, seyogianya, menjadi penyemangat bersama agar kedepan setiap warga kerukunan keluarga kawanua di Manokwari, dapat terus kompak bahu membahu memberikan dampak – dampak sosial yang baik dalam menjaga ketertiban, keamanan ditengah kehidupan bermasyarakat dengan suku – suku lainnya di Manokwari.

“Terima kasih atas kebersamannya, dan harapannya diusia ke -51 tahun, kedepan Warga K3 Manokwari semakin solid dan mendukung peran serta pembangunan daerah, bersama suku – suku lainnya di Manokwari,” Cetusnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *