Genjot Cakupan Vaksinasi di Wilayah Polsek Terpencil, Kapolres Manokwari ‘Jemput Bola’

MANOKWARI, gardapapua.com — Untuk memfasilitasi warga yang ingin mendapatkan vaksin, tetapi terkendala jarak dan hambatan lainnya, serta dalam upaya mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi covid-19 baik tahap I, II dan III (Booster), Kapolres Manokwari, AKBP Parasin Herman Gultom S.I.K.,M.Si, didampingi Kabag Ops Polres Manokwari AKP Junaidy A Weken, serta beberapa PJU lainnya, senin (21/3/2022), pagi, langsung bergerak melaksanakan peninjauan keliling (Road Show) di 3 (dua) polsek wilayah terpencil, dalam lingkup Polres Manokwari.

Hal ini terungkap dalam Apel Gelar Pasukan Keselamatan Mansinam 2022, melalui operasi keselamatan Mansinam 2022, yang dilaksanakan dan dilepas langsung oleh Kapolres bertempat di halaman Polres Manokwari.

Kapolres AKBP Parasin Herman Gultom S.I.K.,M.Si, menyatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, serta sebagai upaya mewujudkan budaya tertib berlalu lintas guna terciptanya Sitkamseltibcarlantas yang kondusif ditengah Masyarakat.

Menurut Kapolres, bahwa pihaknya sengaja melakukan penjemputan secara door to door ke jajaran Polsek terpencil ini sekaligus mempererat sinergitas bersama jajaran pemerintah tingkat distrik setempat sembari bersosialisasi dan mendekatkan pelayanan Polri kepada masyarakat. Upaya jemput bola ini dilakukan guna meraih target vaksin pada tahun ini khususnya menjelang momentum Bulan Puasa atau Ramadhan 2022 mendatang, diharapkan sebagian besar Masyarakat telah di Vaksin, agar pembentukan kekebalan kelompok (Herd Immunity) dapat tercapai ditengah kelompok masyarakat.

“Tujuan kegiatan ini tak lain, polres Manokwari mendukung jajaran Polsek terkait yang jauh dan sulit dijangkau oleh masyarakat sekitar dalam rangka mengikuti Vaksinasi Massal Covid-19, pada gerai – gerai Vaksinasi yang didirikan oleh pihak Kepolisian setempat, secara khusus pada beberapa Polsek yang diketahui memang berada di wilayah daerah terpencil. Seperti Polsek Kebar, Saukorem pada wilayah barat atau sebagian wilayah Tambrauw dan Polsek Anggi yang berada di Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf),” Ungkap Kapolres AKBP Parasin Herman Gultom S.I.K.,M.Si.

Harapannya dengan metode jemput bola seperti ini, masyarakat terbantukan dan mau dan bisa mengikuti prosesi Vaksinasi tersebut tanpa ke wilayah keramaian, atau kota lagi. Dimana dalam pelaksanaannya, Polres Manokwari turut melibatkan komunitas tim mobil Off Road 4×4 dan Motor Trail, serta tim medis di setiap wilayah pemerintahan distrik setempat.

“Ini juga bersama – sama sekalian saya meninjau langsung Polsek – polsek yang berada dan cenderung sebagai tempat terpencil. Dalam pelaksanaannya kami juga sudah koordinasi dengan jajaran pemerintahan tingkat distrik dan memang mendapatkan partisipasi dan sambutan baik. Intinya sifatnya kami menghimbau masyarakat setempat untuk mau di vaksinasi. Adapun dalam pelaksanaannya bersama kita libatkan dinas kesehatan setempat. Sehingga kecukupan Vaksin akan di bawa, kami target sekitar 300an Masyarakat bisa untuk divaksinasi. Baik dosis I, II dan Booster (III),” Terang Kapolres.

Sembari membeberkan, bahwa pihaknya juga akan memberikan ratusan bantuan sosial (bansos) kepada Masyarakat, guna bersama menyukseskan kegiatan Vaksinasi ini serta menghimbaukan beberapa program kerja – kerja Kepolisian dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang lebih ditingkatkan.

“Karena Vaksinasi ini adalah untuk kesehatan kita bersama dalam rangka menangkal masuknya Virus Covid-19 di wilayah Manokwari. Dimana saat ini wilayah Manokwari dalam cakupan dosis penerima Vaksinasi diketahui 79,8 persen pada tahap I, dan sekitar 56% pada tahap atau dosis kedua,” Tukasnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *