Sukseskan Aksi HGN Pilah Sampah, Koperasi P2S Bakal Beli Sampah Plastik dari Masyarakat

MANOKWARI, gardapapua.com —- Koperasi Produsen Pengelolah Sampah Kabupaten Manokwari akan menggelar Aksi Hari Gerakan Nasional (HGN) Pilah Sampah Dari Rumah dilaksankan pada tangga 18 September 2021.

Dimana gerakan pilah sampah dibeberapa Wilayah akan dilaksanakan bertempat di Pulau Mansinam, Pulau lemon, Sowi Pantai, Biriosi, dan Asrama Villanova.

Terkait pelaksanaannya, Ketua Koperasi Produsen Pengelola Sampah Kabupaten Manokwari, Yohanes A. Lebang, menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sepenuhnya juga di dukung dan dikolaborasikan bersama beberapa pihak terkait. Baik pemerintah, masyarakat dan kepemudaan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi ADPRD Kabupaten Manokwari Roland Y.S. Yarollo dari partai Demokrat, juga diketahui sangat mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini.

Ketua Koperasi Produsen Pengelola Sampah Kabupaten Manokwari, Yohanes A. Lebang, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Manokwari, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Papua Barat, Bank Sampah UKM Pramuka Unipa, Bank Sampah Matoa PPLH Unipa, Bank Sampah Biriosi, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang St. Thomas Villanova yang akan dilaksaanakn sejak tanggal 18 September di Pulau mansinam dan Pulau Lemon, Tanggal 19 di Sowi Pantai dan Banks Sampah Biriosi dan tanggal 20 September bertempat di Asrama Mahasiswa Katolik Villanova Amban dan pembiayaan pembelian sampah sepenuhnya dibantu oleh Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Manokwari, Roland Y.S Yarollo.

“Sampah-sampah tersebut akan dikumpulkan oleh warga setempat dan akan dibeli oleh Koperasi Produsen Pengelolah Sampah Kabupaten Manokwari dengan harga Rp. 1.000,- (seribu) khususnya untuk jenis botol plastik. Marisemua warga wanokwari diharapkan partisipasinya untuk menjaga Manokwari dari kebersihan lingkungan tetapi juga menambah pendapatan keluarga di saat pandemic Covid-19,”Ujar Yohanes A. Lebang

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Manokwari, Roland Y.S Yarollo mengatakan dirinya sangat siap untuk menjadi donatur dalam pelaksanaan Hari Gerakan Nasional Pilah Sampah Dari Rumah, jangan melihat saya dari CAPIL mana tapi ini adalah hal yang harus dilakukan dan diutamakan sebagai suatu keterpanggilan.

“Selagi saya masih duduk di Bangku Parlemen bagi saya tidak ada pertimbangan untuk membantu dan Suport, saya merasa Gerakan Nasional Pilah Sampah Dari Rumah ini yang terbaik untuk kota kita bersama saya bangga,”Ujar Wakil Ketua DPRD, Ruland Y.S Yarollo, saat koordinasi virtual, Rabu (15/9/2021).

Dirinya berharap, kalau bisa Tahun depan kegiatan Gerakan Nasional Pilah Sampah Dari Rumah ini bisa bertambah dan Masyarakat juga harus sadar akan kebersihan itu penting.

“Saya juga akan kordinasi di sekitaran tempat tinggal saya (Manggoavi) untuk membuat Pos Sampah dan saya akan usahakan membeli Alat Produksi Sampah di Tahun 2022 mendatang , agar semakin banyak Pos yang dibanggun untuk kebersihan di Kota Manokwari,”Lanjut Yarollo

Adapun penyampaian yang sama oleh SEKJEN DPC. PMKRI Manokwari, Maria Novita Numut, bahwa PMKRI siap untuk membantu Hari Gerakan Nasional Pilah Sampah Dari Rumah di daerah Amban. [SY/TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *