Lagi, Bukti Janji Bupati dan Wabup Kaimana, 5 Unit Bus Sekolah Gratis Dilauncing Beroperasi

KAIMANA, gardapapua.com – Wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan khususnya pelajar di Kota Senja, Kabupaten Kaimana, Bupati dan Wakil Bupati Kaimana melauncing Bus Sekolah gratis.

Peluncuran Bus Sekolah Gratis itu ditandai dengan pengguntingan pita dan melepas terbang burung dara atau merpati ke udara.

Hal ini, selain sebagai wujud kepedulian pemerintah Kabupaten Kaimana juga adalah sebagai salah satu dari sekian janji politik yang sedang dipenuhi Bupati Freddy Thie dan Wakil Bupati Hasbullah Furuada secara bertahap pasca saat perhelatan pemilukada tahun lalu yakni akan menyiapkan moda transportasi gratis bagi para pelajar di kota 1001 senja kaimana.

“Penggunaan bus gratis ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, karena kita tahu kondisi covid 19 ini kita tahu bersama telah mempengaruhi semua sendi sendi ekonomi kita,”Ungkap Freddy Thie dalam kesempatan sambutannya disela peluncuran kegiatan tersebut, Jumat (3/9).

Dalam pengelolaannya, 5 bus gratis yang ada akan dioperasikan dibawah pantauan dinas pendidikan pemuda dan olah raga untuk melayani para siswa dan siswi dari tempat tinggal ke sekolah begitu pula sebaliknya.

5 bus gratis yang disediakan pemerintah daerah melalui dinas pendidikan pemuda dan olah raga ini akan digunakan dengan 5 route (Jalur). namun dalam pengoprasionalnya masih butuh untuk dilakukan penambahan, sehingga nantinya akan dikaji kembali dalam kebijakan bupati untuk diadakan.

“Ini berkat kerjasama dari dinas dan pemerintah daerah, sehingga hari ini kita bisa launching 5 bus gratis, dan nantinya akan menjadi evaluasi pemerintah kedepan kalau nantinya masih perlu untuk kita tambahkan demi perbaikan dan pelayan kepada adik – adik yang nantinya bersekolah lewat tatap muka terbatas, karena sudah cukup lama proses belajar ini dilakukan lewat daring dan meskipun akan dilakukan tatap muka terbatas tetapi dalam pelaksanaannya kita tetap mengacu pada aturan dari pemerintah daerah maupun aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat,”Jelasnya

Selain itu, terang Bupati, bahwa bukan hanya fasilitas Bus gratis yang disiapkan pemda kaimana, lewat kebijakannya. Namun melalui anggaran di tahun 2021 ada beberapa program bantuan yang disediakan yakni bantuan studi mahasiswa untuk semester 3 ke atas, study akhir dan study langkah (kedokteran).

Senada dengan itu kepala dinas pendidikan pemuda dan olah raga kabupaten kaimana Drs, Ray ratu d come, MM, turut menyampaikan bahwa route (jalur) 5 titik dan jam pengoprasian bus gratis yang disediakan, setiap harinya akan dilakukan secara maksimal.

“Ini merupakan perhatian pemda kabupaten kaimana untuk meringankan beban orang tua wali, dalam menghadapi pertemuan terbatas dimasa pandemi cobid 19, selanjutnya ke 5 Bus gratis yang akan dioperasionalkan ini dibagi dalam 5 route pelayanan yaitu, rute satu melewat kampungi coam, renoma, pondok kelapa, SMK, pasir lombo , Bantemin, Krooy sampai dengan kota, rote dua, mulai dari airport, kampung trikora, bantemi, krooy dan kota, route tiga, mulai dari Batalyon, Batu Putih, Krooy dan Kota, route empat, mulai dari krooy, Batuh putih, dan kota, dan rute lima kota, krooy bantemin dan kampung Coa pulang Pergi, sementara untuk waktu pelyanan untuk kelima bus ini dimulai pukul 06:00 – 14:00 WIT,”Terangnya

Tentunya bila dalam pelayanan bus gratis yang disediakan ini, jikalau masih belum memenuhi ekspetasi sebagaimana diharapkan, setidaknya, menjadi komiten dispora, kedepan akan meningkatkan pelayanan bus gartsi nantinya dalam kualitas dan kuantitas lebih baik nantinya.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada bupati Kaimana atas bantuan dan dukungannya, kami juga mengucapkan terimakasih kepada SEKDA atas dukungan dalam bentuk pinjaman dua unit bus, dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada pihak pihak yang tidak dapat kami sebutkan namanya satu persatu yang telah mendukung suksesnya kegiatan ini,”Tukasnya. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *