AdvertorialDaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratNasional

Kedepankan Prinsip BETAH, Tahapan Penerimaan Anggota Polri T.A 2024 Bergulir

MANOKWARI, gardapapua.com — Tentang penerimaan Polri harus transparan dan akuntabel serta menguasai iptek yang kekinian, Biro SDM Polda Papua Barat melakukan sosialisasi penerimaan calon anggota Polri Tahun Anggaran 2024 kepada stake holder terkait.

Kegiatan ini digelar di ruang vicom, lantai 2, Mapolda Papua Barat, pada Kamis (11/1/2024) dan dihadiri perwakilan MRPB, Ombusman Papua Barat, Dukcapil, Diknas, Kemenag, HIMSI, PWI, TVRI dan RRI Manokwari.

Dalam sosialisasi itu, Karo SDM Polda Papua Barat, Kombes Pol. Arief Hidayat mengatakan, pentingnya pelibatan stake holder terkait, dalam penerimaan rekrutmen calon anggota Polri, baik perwira,bintara maupun tamtama.

Dimana dalam tahun 2024 ini, Polri mengusung prinsip BETAH dalam rekrutmen calon anggotanya. Sebagaimana diketahui prinsip BETAH memiliki filosofi yakni bersih, transparan, akuntabel, dan humanis.

Lewat pertemuan tersebut, stake holder terkait diminta memberikan masukan agar ketika dilakukan perekrutan tidak mengalami kendala-kendala yang berarti. “Sejak awal kita akan mengantisipasi segala kendala terhadap proses rekrutmen,”Ucap Karo SDM Polda Papua Barat, Kombes Pol. Arief Hidayat.

Kepada masyarakat, ia ingin menegaskan bahwa penerimaan anggota Polri tahun anggaran 2024 ini, terbagi dalam empat jalur pendaftaran yaitu, Akpol, SIPSS, Bintara, dan Tamtama.

“Setiap jalur memiliki berbagai tahapan seleksi, seperti tes administrasi, pemeriksaan kesehatan, tes psikologi, tes akademik, tes kesamaptaan jasmani, dan tahapan tes menggunakan sistem gugur,”Terangnya.

Arief Hidayat juga menegaskan, bahwa penerimaan anggota Polri tidak memungut biaya sepeserpun. Masyarakat diimbau untuk tidak percaya kepada oknum yang menjanjikan atau menjamin rekruitmen calon pendaftar dengan membayar sejumlah uang. “Penerimaan anggota Polri dilakukan secara jujur dan adil, sesuai dengan prinsip BETAH,”Tegasnya

Dikesempatan itu pula, dirinya sembari mengajak masyarakat untuk mengawasi proses penerimaan anggota Polri di Polda Papua Barat.

Terkait jumlah rekrutmen bintara dan tamtama, khusus Polda Papua Barat di tahun 2024 dijanjikan akan diberikan kuota lebih banyak dibanding tahun 2023. Selain sebagai polda yang baru, jumlah anggota Polri masih terbilang sangat kurang. [Rls/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *