Unit PAM Obvit Sabhara Polres Manokwari, Edukasi Prokes Gunakan Pamflet Bertuliskan Pantun Lokal

MANOKWARI, gardapapua.com — Unit PAM Obvit Satuan Sabhara Polres Manokwari, selasa (18/5/2021), kembali melaksanakan kegiatan penempelan stiker dan pemasangan spanduk himbauan pencegahan covid-19, dengan pendekatan lokal kepada masyarakat berupa pantun dan mengantisipasi penularan wabah Covid-19.

Hal itu di samping meningkatkan giat kordinasi patroli prioritas bersama target rentan di sejumlah titik objek vital dan pusat pelayanan masyarakat, dengan melaksanakan penempelan stiker dan pemasangan spanduk dengan kalimat pantun lokal, pencegahan penyebaran covid-19, diharapkan menjadi sarana pendekatan lokal.

Ini juga terkait arahan direktorat pamobvit baharkam polri tentang himbauan penerapan prokes khusus di obwis obwis dengan pendekatan budaya lokal, salah satunya berupa PANTUN dalam konteks pencegahan 3M dan 3T, sehingga masyarakat lebih memahami bahaya daripada Covid 19 ini.

“Kegiatan terobosan seperti ini kami lakukan rutin untuk kali ini penyampaian himbauanya yaitu pencegahan penyebaran virus Corona berupa pendekatan lokal kepada masyarakat yg di rangkai dalam sebuah pantun bahasa sehari hari. Tujuannya agar masyarakat dapat lebih memahami baik itu bahaya, kerugian dan dampak dari virus Corona ini bagi pribadi maupun keluarga, bisa ditekan dan diminimalisir dengan baik,”Ujar Kasat Sabhara Polres Manokwari, Iptu Arif Fauzan, disampaikan melalui Bripka Abd. Rahman Baadilah selaku PS. Kanit Pam Obvit, saat dikonfirmasi.

Adapun beberapa pantun lokal yang telah disampaikan kepada masyarakat yaitu :

#Makan papeda deng kuah kuning
Jangan lupa sayur kangkungnya
Pake MASKER dan CUCI TANGAN
Biar si CORONA salah alamat…..

#Beli genteng di pasar sanggeng
Ketemu ade ade yang ganteng ganteng
Kalau ade dong mau tambah ganteng
ke pasar sanggeng Harus gunakan MASKER…..

#Jalan jalan ke pasar wosi
Jangan lupa beli ketupat
Kalau Kaka Ade mau hidup sehat
Mari KITORANG jauhi KERUMUNAN…..

“Dengan seringnya kami melakukan kegiatan terobosan seperti ini, kami berharap bisa membiasakan masyarakat agar terbiasa mematuhi program pemerintah dan selalu utamakan PROKES.agar di manapun berada selalu gunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Sehingga baik kita pribadi maupun keluarga terhindar dari bahaya covid 19 ini. semoga dengan program ini menjadikan polri sebagai institusi yang PREDIKTIF. RESPONSIBILITAS dan TRASNPARANSI BERKEADILAN dalam pelayanan kepada masyarakat khususnya,”Tukasnya. [Tim/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *