Lantik 3 Ketua Dekranasda Kabupaten di Papua Barat, Ini Pesan Yuliana Mandacan

MANOKWARI, gardapapua.com — Ketua Dewan Kerajinan Daerah Provinsi Papua Barat, Ny.Yuliana Mandacan kembali melantik para Ketua Dekranasda Kabupaten Sorong Selatan, Kaimana, dan Fak-fak. Proses pelantikan dipusatkan pada Aula Gedung PKK Papua Barat, Selasa (27/4/2021).

Turut hadir dalam acara ini Gubernur Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan, Asisten Bidang Administrasi Setda Papua Barat, Reymon Richard Hendrik Yap SE,MTP Petinggi TNI/Polri, TP PKK Provinsi Papua Barat, BKOW Papua Barat serta DWP Papua Barat.

Dalam sambutannya Ketua Dewan Kerajinan Daerah Provinsi Papua Barat, Ny. Yuliana Mandacan mengemukakan bahwa Dewan Kerajinan Nasional Daerah merupakan lembaga independen dan nirlaba. Selanjutnya sebagai wadah berhimpun segenap pemangku kepentingan dibidang seni kerajinan, dalam melaksanakan tugas fungsi mitra pemerintah untuk menggali, melindungi, membina serta mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa demi kesejahteraan masyarakat.

“Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota dilantik oleh Ketua Dekranasda Provinsi. Sedangkan pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota disahkan dengan keputusan Ketua Dekranasda Provinsi,” Ujar Ketua Dekranasda Papua Barat, Ny. Yuliana Mandacan.

Lebih lanjut disampaikan Yuliana, bahwa menyusun kepengurusan tingkat Kabupaten/Kota wajib dilakukan agar dapat segera diteruskan setingkat provinsi. Penyusunan program jangan panjang lima dan jangka pendek 1 tahun perlu diperhatikan agar disesuaikan bersamaan dengan Pusat dan Provinsi.

Tahun 2021, Dekranasda Papua Barat juga akan menjalankan program pengumpulan hasil kerajinan yang menunjukan ciri khas semua daerah di Papua Barat.

“Kita harus bekerjasama saling sinergitas dan koordinasi antara Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota agar hasil pembinaan sesuai program yang telah dibuat kepada para perajin dapat berjalan dengan baik dan semaksimal mungkin,”Harapnya

“Pada tahun ini pula, Dekranasda Papua Barat akan melaksanakan program pengumpulan hasil kerajinan yang menunjukan ciri khas daerah masing-masing Kabupaten/Kota se-Papua Barat. Akan ditampilkan pada Galeri Dekranasda Papua Barat sebagai ikon kerajinan. Dukungan dari Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota yang baru dilantik untuk bisa mempersiapkan produk-produk kerajinan,”Tutup Ny. Yuliana Mandacan

Sebagai pembina Dekranasda Provinsi Papua Barat Gubernur yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Setda Papua Barat Reymon Richard Hendrik Yap SE, MTP, dalam sambutannya mengharapkan dukungan dari para Bupati/Walikota yang juga sebagai Pembina Dekranasda Kabupaten/Kota untuk terus mendorong program -program yang dibuat oleh Dekranasda Kabupaten Kota dan disinergitaskan dengan program – program dekranasda Provinsi.

“Sehingga apa yang kita harapkan bersama yaitu melestarikan seni kerajinan sekaligus peningkatan kesejahteraan perajin khususnya orang asli Papua agar mampu bersaing dipasar Global yang saat ini sedang kita hadapi,”Tuturnya

Sementara itu Ketua Dekranasda Sorong Selatan Ny.Beatriks M Anggiluli,SE saat ditemui menjelaskan bahwa langkah awal usai pelantikan ini pihaknya akan melakukan pembentukan badan kepengurusan yang baru sesuai dengan petunjuk Dekranasda Provinsi.

Lebih lanjut ungkapnya pula bahwa terkait program kerja yang akan dilaksanakan akan dikoordinasikan kembali dengan Dekranasda Provinsi untuk mendampingi penyusunan program kerja baik program prioritas maupun program rutin yang telah dilaksanakan setiap tahunnya.

Ditambahkanya bahwa pihaknya juga akan memprogramkan sejumlah kegiatan di antaranya pelatihan pelatihan bagi perajin agar para perajin lebih terampil dalam mendesain, memproduksi dan memasarkan suatu produk. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *