Bapaslon ‘AYO,’ Lanjut Periksa Kesehatan di Manokwari

MANOKWARI, gardapapua.com — Bakal Pasangan calon (bapaslon) kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati, Ali Ibrahim Bauw – Yohanis Manibuy (Anisto), kamis (10/9/2020) pagi, terpantau melanjutkan pelaksanaan pemeriksaan tes kesehatan.

Prosesi pemeriksaan ini meliputi tes kejiwaan/ psikolgi dan Napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya) bertempat di RSAL Manokwari, Papua Barat, bapaslon sejak pukul 07.30 wit pagi, langsung ditangani tim pemeriksa kesehatan jiwa dari Himpunan Psikologi (HIMPSI). Pemeriksaan psikologis ini terdiri dari dua jenis yaitu tes tulis dan tes wawancara.

Dalam ilmu kesehatan jiwa terdapat 2 ahli yaitu psikolog dan psikiater. Pelaksanaan tes oleh psikolog dan psikiater dilakukan secara bersamaan dengan hasil yang berbeda, seperti yang dijelaskan oleh salah satu ahli psikolog.

Sementara khusus untuk narkoba apabila nanti ditemukan ada indikasi, BNN (Badan Narkotika Nasional) akan melakukan pendalaman. Makanya sehari sebelumnya paslon yang bakal menjalani tes tersebut telah diwajibkan berpuasa secara medis.

dr. Jemi Tubung, SpPd menyampaikan, bahwa terkait tahapan pemeriksaan kesehatan untuk Balon Kada Teluk Bintuni kamis (10/9/2020) adalah hari terakhir.

Selanjutnya hasilnya akan di rekap pada 11 september 2020, dan hasilnya akan di umumkan pada 12 september 2020.

“Setelah ini beres kita langsung pleno antar ketiga bagian ini. Jadi kita tinggal menunggu hasilnya pemeriksaan dua paslon kandidat hari ini baik ‘AYO’ dan ‘PMK2’,”Singkat dr. Jemi Tubung, SpPd

Sebelumnya, Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan kepada pasangan AYO meliputi radiologi, USG abdomen (perut), darah dan urine, mata, THT, gigi dan mulut, penyakit dalam, bedah, serta syaraf, yakni pada selasa (8/9/2020) dan pemeriksaan jantung, paru, EKG, treadmill, dan spirometri, pada (9/9/2020), kemarin.

Calon Bupati dari Paslon ‘AYO’ Ali Bauw – Yohanis Manibuy (Anisto) berharap hasil pemeriksaan kesehatan pasangan AYO baik, sehingga dapat memenuhi persyaratan yang ditentukan KPU.

“Harapan kami optimisnya hasil penetapan verifikasi tes kesehatan semua dapat berjalan baik dan kami dapat lolos ketahap selanjutnya,”Tukas Anisto singkat. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *