Minta Transparan dan Netral, Kantor KPU Kaimana di Demo

KAIMANA, gardapapua.com — Diminta transparan dan netral sejumlah warga dari perwakilan suku koiwai yang ada di kabupaten kaimana melakukan aksi demo ke kantor KPU kaimana, selasa (1/9/2020), kemarin.

Alasan demo ini dilakukan, karena masa menganggap bahwa selama penyelengaraan pesta demokrasai yang terjadi di tanah air khususnya pemilukada, diduga adanya hal-hal yang tidak transparan dan jujur dari pihak penyelengaraan beberapa tahun lalu, sehingga selalu saja menimbulkan konflik horisontal yang mengorbankan warga.

Oleh karena itu, demo yang dilakukan pada selasa (1/9/2020) di koordinir lamgsung Tajudhin Tambawang bertujuan untuk mengajak KPU dan semua element masyarakat untuk secara bersama bertanggungjawab mencipatakan situasi yang kondusif dan damai, sebagai kaimana merupakan rumah kita bersama- sama.

Dari pantauan wartawan, masa yang bergerak dari bumsur dan melewati jalan trikora menumpangi beberapa angkutan umum dikawakal langsung oleh 1 truk anggota polres kaimana berseragam lengkap, kurang lebih 1 kilo jauhnya, sejumlah warga suku Koiwai turun dan melakukan aksi jalan kaki menuju kantor KPU, aksi demo masyarakat ke kantor kpu langsung diterima oleh Ketua Dan Komisioner KPU lainnya.

Tajudin Tambawang selaku koordinator didepan ketua dan anggota komisioner kpu menyebutkan ada 5 point penting yang merupakan aspirasi demo ke kantor kpu yakni, Pertama, meminta kpu untuk melaksanakan tahapan sesuai dengan aturan yang telah ada, yang kedua mendesak KPU untuk bersikap netral ketiga meminta KPU untuk transparan, dan meminta KPU mengunakan tenaga ahli dan profesional dalam tahapan pilkada, serta yang terlihat meminta kpu untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan dalam kegiatan Tahapan pemilukada.

” ini memang kami dari perwakilan suku koiwai yang melakukan hal ini hanya untuk mengingatkan. Dan Kenapa ini kami lakukan ini, supaya kita secara bersama-sama, baik kami dari masyarakat maupun dari pihak penyelengara, pemerintah untuk bisa ikut meniciptakan situasi kemanan yang kondusif dan aman, karena kenapa yang kami lihat pemilukada di tahun yang sudah sudah itu pasti kacau, oleh sebab itu sebelum tahapan pendaftaran ini berlangsung kami putusakan untuk lakukan demo damai, dan ini yang kami lakukan,”Terangnya

Usai memyampaikan aspirasi, koordinator demo damai langsung menyerahkan 5 point aspirasi kepada pihak KPU Kaimana.

Sementara ketua Kpu Kaimana Kristian M Maturbongs pada kesempatan itu memberikan apresiasi yang luar bisa kepada suku koiwai. menurut Maturbongs, hal ini penting supaya semua berperan demi menyukseskan pilkada kedepan yang adil aman dan damai.

“Tahapan telah sampai pada pengumuman syarat pendaftaran yang rencana akan dibuka secara resmi pada tanggal 4 – 6 september 2020, dan tahapan akan selalu kami terbuka, dan kami juga berharap kepada selruh komponen agar bisa bersama kami mengawal seluruh tahapan yang dilaksanakan oleh KPU, sehingga tidak ada kecurigaan dalam tahapan itu sendiri, dan saya sendiri berterimakasih, ini baik, agar kita sama –sama berperan,”Ujar ketua KPU saat itu. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *