BNI Sorsel Serahkan Bantuan KUR Bagi 250 Nelayan

TEMINABUAN, gardapapua.com — Bank Nasional Indonesia (BNI) di kabupaten Sorong Selatan menggelontorkan kredit usaha rakyat (KUR) bagi 250 nelayan di pesisir kabupaten sorong selatan yaitu diwilayah distrik Konda, Bakoi distrik Metamani serta distrik Inanwatan.
Penyaluran Dana KUR ini diserahkan langsung oleh pimpinan bank BNI kantor wilayah Papua Setyawan Jahja Adi dan Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli,SE,MAP di Aula Hotel Mratuwa Sesna Teminabuan, Kabupaten Sorsel (03/12/2019).

Turut hadir dalam acara ini wakil pimpinan bank BNI kantor wilayah Papua Lucky Lahope, pimpinan bank BNI cabang Sorong Irwansyah Mustafa, Kapolres Sorong Selatan, Pabung Sorong Selatan, Kepala Staf Kodim Persiapan Sorong Selatan, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Pimpinan OPD serta ratusan Nelayan di wilayah Pesisir Sorong Selatan.

Pimpinan Bank BNI kantor wilayah Papua Setyawan Jahja Adi dalam sambutannya mengatakan kehadiran bank BNI di Sorong Selatan masih baru namun ini merupakan awal yang baik.

Dirinya mengatakan Sorong Selatan memiliki sumberdaya alam berupa udang dan ikan yang sangat melimpah dengan PDRB yang terbesar dari sector perikanan.
“Sektor riil adalah sector yang memberikan nilai tambah dan untuk Sorong Selatan sangat dominan dengan sector perikanan sehinggasangat bagus untuk dikembangkan,” jelasnya.

“Harapan kami dengan KUR ini dapat menambah kapasitas dan peralatan nelayan sehingga nantinya dapat menambah produksi penangkapan udang dan ikan sehingga memberikan dampak positif untuk kesejahteraan nelayan dan PDRB di Sorong Selatan akan terus meningkat,”Tambahnya

Sementara itu, Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE ,MAP dalam sambutanya mengatakan pemerintah daerah Sorong Selatan menyambut baik pelaksanaan sejumlah program kerja Bank Nasional Indonesia (BNI) di kabupaten Sorong Selatan dengan program ini tentunya sangat membantu pemerintah daerah dalam rangka mempercepat pertumbuhan perekonomian di wilayah kabupaten sorong selatan secara khusus bagi nelayan di wilayah pesisir.

Menurutnya, pola kluster atau kemitraan yang dilakukan oleh pihak perbankkan BNI dengan dengan PT PIALA merupakan langkah positif yang patut kita semua dukung dan saya harapkan warga nelayan yang telah memanfaatkan program ini hendaknya dapat mengelolah secara baik dan tentunya akan memberikan kesejahteraan bagi nelayan yang memanfaatkanya.

“ Saya meminta agar program ini di manfaatkan dengan sebaik baiknya dan gunakan kredit ini untuk menunjang pengembangan usaha dan meningkatkan produksi penangkapan udang maupun ikan,”Pintanya

Dengan demikian, penggunaan kredit ini dapat dipergunakan untuk hal hal yang produktif sehingga modal usaha ini dapat berkembang semakin besar.

Pemda Sorong Selatan juga patut memberikan apresiasi kepada bni dengan program corporate social responsibility (CSR) yang merupakan program kepedulian perusahaan terhadap lingkungan masyarakat sekitarnya yaitu dengan memprogramkan bantuan berupa 4 titik fasilitas air bersih berupa sumur bor, mesin pompa, penampungan air serta instalasi air bersih lainnya. Hal ini khususnya pada wilayah pesisir yaitu distrik konda, bakoi, distrik metamani dan distrik inanwatan.

“Dengan program csr ini tentunya akan sangat membantu warga diwilayah pesisir untuk memenuhi ketersediaan dan kebutuhan air bersih di wilayah ini,”Terangnya

Selain itu, kehadiran pimpinan BNI dikabupaten Sorong Selatan saat ini juga adalah dalam rangka menyerahkan kartu badan usaha milik desa (bumdes / bumkam) bagi 6 kampung di di distrik konda, distrik wayer, distrik teminabuan, distrik sawiat dan distrik seremuk.

Bupati berharap agar pengelolaan bumdes ini hendaknya dapat memberikan layanan kepada warga masyarakat sehingga warga dapat menerima manfaat sosial yang penting.selain itu kehadiran bumdes juga diharapkan dapat memperpendek jalur distribusi produk ke pasar. metode ini akan memiliki dampak ekonomi yang signifikan bagi warga kampung sebagai produsen karena mereka tidak lagi dikendalikan oleh perantara. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *