25 Tim Warnai Lomba Yospan HUT Sumpah Pemuda ke -91, KNPI Papua Barat

MANOKWARI,gardapapua.com —Sebanyak 25 tim peserta lomba yang berasal dari para pemuda Manokwari dan dihadiri tamu undangan serta ribuan penonton bersama merayakan HUT sumpah pemuda ke 91 Komite Nasional Pemuda Indonesia, tahun 2019 yang digelar (KNPI) Papua Barat, menggelar tarian Yosim pancar (Yospan) di panggung KNPI Papua Barat.

Sesuai tema yang dirajut Bersatu Kita Maju, Sekretaris Dewan Pengurus Daerah KNPI Papua Barat, Jemmy Jeferson Liunsanda, mengatakan, bahwa para generasi muda Papua Barat telah diperhadapkan dengan arus modernisasi semakin pesatnya kemajuan teknologi oleh sebab buadaya Papua hampir terkikis habis.

“Hari ini pemuda Di Papua barat terlihat lebih dominan lebih memperkaya aliran budaya barat dari pada mempertahankan budaya Papua. Padahal pada tahun 90 an Yospan ini begitu terkenal,”ucap Sekretaris Dewan Pengurus Daerah KNPI Papua Barat, Jemmy Jeferson Liunsanda, (28/10).

Advertorial KNPI Papua Barat

Menurutnya untuk menjaga agar nilai-nilai budaya Papua tidak punah para generasi muda Papua perlu bersatu dalam mempertahankan budaya demi kemajuan bangsa untuk itu Tarian Yosim pancar jangan dijadikan Kegiatan musiman namun perlu dilakukan oleh semua pihak agar nilai-nilai yang terkandung menjadi makna dan Yospan tetap terawat dan dilestarikan dengan baik.

Dia berharap, para generasi yang baru bertumbuh perlu ada peran orang tua dalam mendidik sehingga bertumbuh dalam nilai budaya kelak menjadi pemuda Papua yang mandiri dan berdedikasi tinggi.

“Peran pemuda sangat penting dalam roda pembangunan daerah, dan juga mendukung dan menjaga nilai – nilai budaya,”Tukasnya. [SY/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *