DaerahGarda Teritorial

Pucuk Pimpinan Kodim 1801/Manokwari Kini Berpangkat Kolonel

MANOKWARI, gardapapua.com — Jajaran Kodim 1801/Manokwari kini akan dipimpin oleh komandan berpangkat kolonel.

Dalam rangka pengalihan status Kodim 1801/Manokwari tersebut, telah dilaksanakan upacara Validasi Kodim 1801/Manokwari dari type B menjadi type A dan Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 1801/Manokwari dari Letkol Inf Hendriek Paulus Mote kepada Kolonel Inf Juniras Lumban Toruan, S.Sos, Msi, yang dipimpin oleh Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Dedi Sambowo.

Kegiatan ini dilaksnakan di Lapangan Bola Makodim 1801/Manokwari Distrik Manokwari Barat Kab. Manokwari Prov. Papua Barat, Jumat (23/08/2019).

Kegiatan Upacara Validasi dan Serah Terima Jabatan Dandim 1801/Manokwari diikuti sekitar kurang lebih 500 orang.

Adapun pejabat yang hadir dalam acara tersebut yaitu a. Asisten II Setda Provinsi Papua Barat (Melkias Werinussa, SE, MH), Para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XVIII/Kasuari, Danrindam XVIII/Kasuari (Kolonel Inf Ignatius Tri B. Handoko), Kasipers Korem XVIII/Kasuari (Kolonel Kav Berto S.P Capah, S.Sos), Kafasharkan TNI AL Manokwari (Letkol Laut (T) Purwoko Hadijantono, ST), Kapolres Manokwari (AKBP Adam Erwindi, SIK, MH), Wakil Bupati Manokwari (Drs. Edi Budoyo), Kepala Bea Cukai Manokwari (Alimudin), Kepala Kampus STTP Manokwari (Dominggus Buney), LO AL (Kolonel Laut Arif Budiman), Ka Basarnas Manokwari (George L.M. Randang), Toga, Toda dan Tomas Wilayah Kabupaten Manokwari.

Upacara pengambilan sumpah jabatan, penanda tanganan fakta integritas dan sertijab Dandim 1801/Manokwari dipimpin langsung oleh Brigjen TNI Dedi Sambowo. Selain itu, Dengan kenaikan status B menjadi A maka Kodim 1801/Manokwari yang membawahi 5 Kabupaten akan dipimpin oleh Perwira Menengah berpangkat Kolonel.

Dalam Sambutannya, Brigjen TNI Dedi Sambowo menyampaikan bahwa dalam peraturan yang ditandatangani Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, tanggal 15 April 2019 itu disebutkan bahwa kenaikan tipe Satuan Teritorial itu dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas, peran dan fungsi, serta optimalisasi kinerja di lingkungan TNI Angkatan Darat guna mendukung tugas pokok TNI.

Tak hanya itu dari sisi pembinaan personel, pergantian pejabat dimaksudkan untuk melengkapi dan memperluas cakrawala serta upaya untuk meningkatkan kinerja termasuk juga upaya mengembangkan kemampuan pejabat dalam dimensi kepemimpinan.

Kasdam XVIII/Kasuari juga menuturkan, sebagai prajurit ksatria, sudah sepatutnya menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan kepada pejabat baru yang memiliki kapabilitas, akseptabilitas dan responibilitas yang tinggi dalam rangka mewujudkan organisasi TNI AD yang semakin Solid, Maju, Modern dan Profesional di masa yang akan datang.

Kegiatan Upacara tersebut diakhiri dengan hiburan tarian adat dari Sanggar Papua Bagsawan binaan Kodim 1801/Manokwari. [*/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *