Sandiaga Uno Bakal Kunjungi Pulau Peradaban Papua, Sumur Tua “Kuncinya”

MANOKWARI, gardapapua.com — Calon Wakil Presiden, Sandiaga Uno nomor urut dua direncanakan bakal mengunjungi Sumur Tua di Pulau Mansinam, Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Papua Barat, Mohammad Lakotani dalam agenda tatap muka bersama sejumlah awak media bertempat di posko pemenangan koalisi Prabowo – Sandi, Jl. Taman Ria, Rendani, Manokwari, Selasa (26/3/2019) malam.

Mohamad Lakotani mengatakan, rencana kunjungan tersebut telah diatur, setelah cawapres Sandiaga Uno tiba di Bandara Rendani Manokwari, menggunakan pesawat komersil Batik Air dengan nomor penerbangan QG – 6158, Rabu (27/3/2019) sekira pukul 6.10 wit, Sandiaga direncanakan bertolak menuju Pulau Mansinam menggunakan kapal yang telah disiapkan, mengawali kegiatan kampanye terbuka di lapangan Borasi dengan kunjungan ini.

” Jadi beliau sandiaga uno ketika tiba, mungkin istrahat sebentar kemudian menuju dermaga kwawi untuk bertolak kesebrang guna mengunjungi situs sejarah peradaban Orang Papua, yang berada di Pulau Mansinam,”Ucap Ketua DPD Gerindra Papua Barat Mohamas Lakotani.

Salah satu situs sejarah yang dikunjungi Bung Sandi di pulau mansinam yang berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota Manokwari ini adalah Sumur Tua. Sumur ini, merupakan peninggalan bersejarah oleh dua pendeta asal Jerman Carl William dan Goltlob Geisller atau lebih dikenal (Ottow dan Geisller), yang menginjakan kakinya Pada tanggal 5 Februari 1855 silam dipulau tersebut, dalam misi pelayanan menyebarkan dan mengenalkan injil bagi orang Papua.

” Disini beliau (Bung Sandi, red) nanti akan mencuci muka disumur tua itu, selanjutnya beliau akan minta didoakan oleh pendeta pelayan di pulau mansinam. Ini sebagai kunci tanda kehormatannya ingin mengenal salah satu peradaban tua ditanah papua, dan memenuhi keinginannya menyapa masyarakat di pulau situs mansinam secara langsung, dan ingin lebih dekat dengan masyarakat,”Terang Mohamad Lakotani

Sembari menambahkan, bahwa akan direncanakan dalam kunjungannya di Pulau Mansinam ini, Bung Sandi sapaan akrabnya, akan dibaluti prosesi adat masyarakat Doreri yang mendiami pulau itu.

” Intinya ini kunci kehormatan bagi masyarakat disana. Dan sebagai bagian lain kunjungan ini, juga direncanakan beliau (Bung Sandi,red) akan menanam dua buah Pohon Kelapa, serta akan makan bersama buah kelapa muda bersama masyarakat doreri disana, “Tandasnya

Beberapa agenda lainnya, Bung Sandi diagendakan akan melakukan tatap muka bersama para tokoh – tokoh nusantara yang berada di Manokwari, Tokoh Adat Papua, Tokoh Masyarakat, Perempuan dan Pemuda, Agama, perwakilan para ketua tim relawan secara langsung bertempat di Mansinam Beach Hotel Manokwari.

Usai kampanye terbuka, Bung Sandi juga dijadwalkan menyapa mama-mama Papua di salah satu pasar sentral di Kota Manokwari, sebelum melanjutkan perjalan ke  Kota Sorong dalam agenda yang sama yakni kunjungan dan kampanye terbuka.

” Jadi Usai Manokwari, siang beliau bertolak ke Sorong bersama tim BPN Prabowo – Sandi, dalam agenda sama disana untuk kunjungan dan kampanye terbuka, “Tutupnya. [ian]

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *