DaerahGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsRegional

Hadiri Puncak HPN 2024, Pj.Sekda Fonataba : ‘Pers Papua Barat Perlu Bertransformasi’

JAKARTA, gardapapua.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat, melalui Penjabat (Pj). Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Ir. Yacob Selvinus Fonataba,M.Si, mengikuti Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024.

Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024 di Ecovention Hall, Ancol, DKI Jakarta, pada selasa (20/22024), sore. Dikesempatan itu turut dihadiri jajaran pejabat negara, para perwakilan gubernur, bupati / walikota dari beberapa daerah di indonesia.

Dalam kesempatan itu, Pj. Sekda Yacob Fonataba menuturkan, bahwa pers nasional yang berada di wilayah Papua Barat, perlu bertransformasi dengan meningkatkan pemanfaatan teknologi agar makin inovatif untuk mengatasi tekanan akibat disrupsi digital.

Demikian hal ini juga merupakan harapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyatakan, bahwa transformasi itu diperlukan untuk mengakselerasi pertumbuhan media nasional yang sehat.

Sebab sudah saatnya Perusahaan pers di Papua Barat harus bisa memikirkan langkah – langkah konkrit dan strategis, guna membuat inovasi serta adaptif merespon perkembangan dan perubahan zaman juga berdiri tegak secara mandiri ditengah gempuran persaingan global.

“Pertama saya mewakili Gubernur Papua Barat menyampaikan selamat hari pers nasional (HPN) 2024. Kedua, Pemerintah Provinsi Papua Barat akan berkomitmen mendukung aktivitas pers secara bebas namun bertanggung jawab sesuai kaidah dan kode etik di Papua Barat. Ketiga, bahwa Pers Papua Barat harus mampu bertransformasi mengikuti perkembangan zaman dan eea digitalisasi, dalam bentuk rumah demokrasi dan mampu memikirkan langkah – langkah konkrit pembangunan,”Ucap Pj. Sekda Yacob Fonataba, saat diwawancarai, di jakarta.

Oleh karena itu, pengembangan teknologi inovatif yang memudahkan akses masyarakat terhadap informasi berkualitas harus secepatnya diakselerasikan. Demikian menjadi perhatian karena diharapkan peran pers di Papua Barat dapat semakin konsisten mengawal kegiatan pembangujan dan kinerja pemerintah daerah provinsi papua barat.

“Kami apresiasi rekan – rekan pers yang telah selama ini mendukung kinerja Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam rangka mengekspose hasil – hasil pembangunan dan Pers di Wilayah Papua Barat telah ikut mengawal kegiatan – kegiatan pembangunan dan kinerja Pemerintah Daerah, sehingga kami sangat mengapresiasi,”Ujarnya

Sehingga kedepan, demi menjaga stabilitas kerja – kerja pers sebagai pilar keempat demokrasi di Indonesia, maka kedepan Pemerintah Provinsi Papua Barat juga akan berkomitmen meningkatkan kolaborasi dan mendukung program – program kerja organisasi pers didaerah yang lebih baik.

“Mungkin kedepan kita perlu meningkatkan komitmen antara Pemerintah Daerah dengan Pemprov Papua Barat. Sehingga kedepan peran pers sebagai bentuk tanggung jawab mengontrol kerja – kerja pemerintah kedepan lebih baik,”Tukasnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *