AdvertorialDaerahGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsNasionalRegional

Begini Respon Pemprov Papua Barat Terkait Instruksi Presiden soal Belanja Iklan Pemerintah ke Media

JAKARTA, gardapapua.com — Selain mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) kepada seluruh insan pers se-indonesia dan menyampaikan apresiasinya atas peran pers bagi bangsa dan negara, Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) juga memaparkan beberapa kebijakan dan instruksi langsung agar seluruh pihak dan instansi terkait untuk turut serta mendukung peranan pers diseluruh daerah di indonesia.

Demikian diutarakan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024 di Ecovention Hall, Ancol, DKI Jakarta, pada selasa 20 Februari 2024.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengutamakan belanja iklan pemerintahan digelontorkan ke perusahaan pers atau media berbadan hukum.

Hal ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap perusahaan pers yang saat ini sedang menghadapi masa – masa sulit di era gempuran platform digitalisasi.

“Namun percayalah pemerintah tidak tinggal diam dan terus mencari solusi untuk bagaimana ada kebijakan afirmatif untuk perusahaan pers didalam negeri. Saya juga meminta menkominfo memprioritaskan belanja iklan pemerintah untuk perusahaan pers. Minimal untuk bantalan jangka pendek. Memang tidak menyelesaikan masalah kesejahteraan pers secara keseluruhan, namun demikian dapat menjadi sedikit dukungan pemerintah kepada Perusahaan Pers dalam menghadapi transformasi digital ini,”Ucap Presiden Jokowi

 

Selain menginstruksikan kebijakan alternatif untuk perusahaan pers dalam negeri terkait belanja iklan pemerintah, Presiden Jokowi juga menitipkan dua hal berkaitan komitmen insan pers melaksanakan kode etik jurnalistik dan proses kerja jurnalistik. Menurut Jokowi, insan pers mesti menjaga komitmen sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara.

“Saya menitipkan dua pesan. Pertama, Pers harus menjadi salah satu pilar menjaga demokrasi, harus menjadi rumah bersama. Mampu memberitakan fakta – fakta apa adanya, bukan mengada – ada dan bukan asumsi, dan bukan seolah – olah ada. Kedua, Perusahaan pers harus bisa memikirkan langkah – langkah konkrit dan strategis, membuat inovasi serta adaptif merespon perkembangan dan perubahan zaman juga berdiri tegak secara mandiri ditengah gempuran persaingan global,”Pesan Presiden Jokowi.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat, melalui Pj. Sekda Dr. Ir. Yacob Selvinus Fonataba,M.Si, mengatakan bahwa pemerintah di daerah Papua Barat, sangat mendukung kebebasan pers yang bebas, adil, dan bertanggung jawab, serta melindungi hak-hak wartawan.

Demikian hal ini menanggapi instruksi Presiden maka kedepan pemprov papua barat juga akan semakin meningkatkan komitmen dan kolaborasi guna mensinergitaskan peran serta pers dalam mengawal kerja – kerja pemerintah.

“Sebagaimana telah disampaikan oleh Bapak Presiden, untuk membantu Pers maka sudah tentu didaerah itu akan turut untuk menindaklanjuti dalam sebuah kebijakan. Dan sudah tentu, kerja – kerja Pers di Papua Barat, Pemerintah Daerah kedepan akan berupaya untuk terus mendukung,”Paparnya.

Yacob juga mengakui akan peran pers yang sangat krusial dalam mengawal demokrasi dan transisi kepemimpinan melalui penyajian informasi yang akurat dan objektif di tengah kemajuan pesat teknologi.

“Mungkin kedepan kita perlu meningkatkan komitmen antara Pemerintah Daerah dengan Pemprov Papua Barat. Sehingga kedepan peran pers sebagai bentuk tanggung jawab mengontrol kerja – kerja pemerintah kedepan lebih baik,”Tandasnya.

Dalam rangkaian puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2024, juga telah dilaksanakan berbagai kegiatan seminar, dan penandatanganan / MoU Persatuan Wartawan Indoenesia (PWI) dengan berbagai pihak terkait. Selain itu, telah dilaksanakan juga Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) seluruh indonesia, pada 17 – 19 Februari 2024, dalam memantapkan langkah pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) XIV di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kontingen pengurus PWI Papua Barat sendiri dihadiri Ketua DKPP Samuel Sirken, Sekretaris PWI Yames Aisoki, Ketua SIWO PWI Papua Barat Adrian Kairupan, Sekretaris Siwo Wahyu C. Hendrawan, dan perwakilan anggota serta Ketua dan pengurus daerah PWI Teluk Bintuni. [Ian/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *