DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsKPU PAPUA BARAT

Pelaksanaan Bimtek Bagi KPPS, Dimulai dari Kelurahan Manokwari Barat

MANOKWARI, gardapapua.com — Setelah dilantik oleh ketua Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari, Christine Ruth Rumkabu, pada kamis (25/1), Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (kpps) kabupaten Manokwari, mulai di bimbing terkait tugas mereka di TPS, melalui pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan di Ballroom, Aston Niu Hotel Manokwari, pada Jumat (26/1/2024).

Sebanyak 4.711 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Manokwari, dijadwalkan akan mengikuti jadwal tahapan bimbingan teknis (bimtek) untuk persiapan menjalankan tugas di masing-masing tempat pemungutan suara pada Pemilu 2024.

Dimana akan berlangsung selama lima hari kedepa. para anggota KPPS akan mengikuti bimbingan teknik pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi perolehan suara serta penetapan hasil pemilu dan penggunaan sirekap.

” Dihari pertama bimtek di ikuti 560 anggota kpps Kelurahan Manokwari Barat, “Ujar Ketua KPU kabupaten Manokwari Christine Ruth Rumkabu.

Sementara dalam arahannya ketika membuka bimtek itu menyampaikan, bahwa pelaksanaan Bimtek diawali dari kelurarahan Manokwari Barat karena merupakan daerah pemilih terbanyak. Untuk kelurahan Manokwari berlangsung hanya sehari, maka ketua KPU Manokwari berharap anggota kpps serius dalam mengikutinya.

“Karena hanya berlangsung satu hari. Hari ini merupakan hari sangat penting bagi bapa / ibu untuk mendapat ilmu terkait tugas tugas kpps di TPS. Mohon agar serius mengikuti segala materi yang ada,”Tegas Christine.

Selain mengajak anggota kpps mengikuti bimtek dengan seksama, ia juga berpesan kepada anggota KPPS yang mempunyai pengalaman di pesta demokrasi sebelumnya, bahwa pada pemilu tahun 2024, ada banyak regulasi baru. Oleh karena itu, diharapkan semua anggota kpps harus mengikuti setiap proses Bimtek. Dalam bimbingan teknis anggota kpps akan di berikan bimbingan terkait tugas tugas kpps saat di TPS, pengisian form serta penggunaan aplikasi sirekap.

Dia berharap, agar para petugas KPPS dapat bertugas dengan baik sehingga pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu 14 Februari 2024 di tiap daerah TPS setempat berjalan lancar dan aman. [AN/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *