DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsNasional

Tingkatkan Kualitas Bidang Jasa Konstruksi, PUPR Papua Barat Gelar Pelatihan Asesor bagi 24 Peserta

MANOKWARI, gardapapua.com — Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Provinsi Papua Barat, terus berkomitmen meningkatkan kualitas konstruksi Indonesia, khususnya di Papua Barat.

Salah satunya dengan menggelar pelatihan asesor yang dilaksanakan Bidang Bina Jasa Konstruksi di Dinas PUPR bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat, Najamudin Bennu ST, melalui Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi di Dinas PUPR Papua Barat, Ir. Johny RN Asmuruf ST.,MT, saat diwawancarai, Senin (20/11/2023), membenarkan hal tersebut.

“Kegiatan pelatihan asesor atau instruktur yang di selenggarakan oleh Dinas PUPR Papua Barat yang bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan juga Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bina jasa konstruksi ini pertama kali dilaksanakan oleh kami,”Papar Kabid Ir. Johny RN Asmuruf ST.,MT.

Menurut dia, kebutuhan skema sertifikasi dan sertifikasi kompetensi bagi ASN PUPR di Wilayah Pemerintahan Provinsi Papua Barat terus mengalami peningkatan.

Tantangan dan dinamika dalam pembangunan infrastruktur di bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat semakin meningkat, sehingga ASN PUPR dituntut untuk lebih efektif, efisien, produktif, kompetitif, dan kompeten agar output pekerjaan penyelenggaraan infrastruktur tetap terjamin mutunya.

Pelatihan Calon Asesor kompetensi (ASKOM) yang dilaksanakan di manokwari, serta partisipasi aktif selama kegiatan berlangsung, dilaksanakan berdasarkan Peraturan pemerintah No. 14 Tahun 2021 tentang Perubahan PeraturanPemerintah Nomor 22 Tahun 2020, tentang peraturan pelaksanaanundang-undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Juga berdasarkan Surat Edaran Nomor: 07/SE/LPJK/2021 Tentang Pedoman Teknis RegistrasiLembaga Pendidikan dan Pelatihan Kerja Bidang Jasa Konstruksi.

Sebagaimana diketahui, kebutuhan tenaga Asesor dan peningkatan kualitas dan kuantitas Asesor pada Bidang Jasa Konstruksi di Provinsi Papua Barat sangat terbatas maka Dinas PUPR Papua Barat bekerja sama dengan BNSP (Badan Nasional Sertifikat Profesi) untuk mensertifikasi Tenaga Asesor Kompetensi sesuai Undang-undang yang berlaku.

“Kegiatan ini diikuti kurang lebih 24 peserta. Dengan menghadirkan instruktur senior dari BNSP dan Lembaga Sertifikasi Profesi bina jasa konstruksi surabaya. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menjawab kebutuhan SDM tenaga terampil instruktur atau Asesor di Papua Barat dapat dipakai untuk mendidik dan melatih para peserta tenaga terampil di Wilayah Papua Barat. Hal ini agar kedepan, kami PUPR sudah tidak lagi mendatangkan kebutuhan SDM ini dari luar tanah papua,”Sebut Johny RN Asmuruf ST.,MT.

“Kegiatan akan berlangsung selama 5 hari. Dimana tahapan seleksi dan teori selama 4 hari, dan satu hari terakhir adalah untuk ujian atau Tes, dan ditentukan dalam keputusan tersebut kelayakan mereka lulus sebagai asesor nantinya,”Tambahnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *