DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsPeristiwa

Silaturahmi dengan KNPI PB, Pj. Gubernur ABT Ingatkan Pemuda di Pemilu 2024 Jangan Golput !

MANOKWARI, gardapapua.com — Dewan Pengurus Daerah (DPD), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Provinsi Papua Barat, menggelar pertemuan silaturahmi dengan seluruh pengurus KNPI dan pimpinan pengurus OKP se-papua barat. Pertemuan ini di hadiri Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.TP, pada Minggu (5/11/2023), malam, bertempat di Mansinam Beach Hotel, Manokwari.

Kesempatan itu, Pj. Gubernur Ali Baham Temongmere (ABT), lalu memberikan pesan dan wejangan kepada generasi muda menuju Indonesia emas 2045, serta imbauan mendukung Pemilu 2024, aman dan damai.

Dia menyatakan, setiap warga negara yang memiliki hak pilih wajib hadir menggunakan hak di bilik suara pada Pemilu 2024 nanti. Pemilu saat ini, kata dia, sangat istimewa. Itu sebabnya, sebagai warga negara dan unsur pemuda yang memiliki hak pilih diberikan kesempatan menentukan pemimpin bangsa untuk lima tahun kedepan.

“Harapannya dengan kaitan akan suksesnya Pemilu 2024, yang pertama, saya ingatkan kita semua khususnya kelompok kepemudaan agar terus membangun koordinasi dengan semua elemen Masyarakat, untuk menciptakan situasi kondusifitas yang aman dan terkendali. Dengan demikian, seluruh Masyarakat yang memiliki hak memilih bisa menyampaikan suaranya di TPS – TPS dalam keadaan aman,”Ujar Pj. Gubernur Papua Barat

Kedua, keinginan dalam hal memperluas partisipasi Masyarakat dalam pemilu dengan cara agar jangan ada yang Golput. Karena kalau Golput terjadi atau tak dapat dihindari, sudah tentu akan berdampak pada partisipasi Pemilu di Papua Barat, akan berkurang.

“Dengan demikian kita berharap agar kepada siapapun yang mempunyai hak memilih pada Pemilu 2024 baik legislatif dan eksekutif, dalam kaitannya dengan pimpinan ditingkat pusat maupun ditingkat daerah, kita berharap benar – benar bisa berlandaskan pada hak demokrasi rakyat,”Ujar Pj. Ali Baham.

Penjabat Gubernur menegaskan, Pemuda sebagai corong dan garda terdepan, harus memiliki kesadaran bahwa suara kita sangat berarti dalam menentukan nasib bangsa melalui pemilihan umum.

Senada, Ketua DPD KNPI Papua Barat, Samy Djunire Saiba, M.Si mengatakan, bahwa kepada seluruh lapisan unsur kepemudaan agar dapat menjadi penentu memilih calon – calon wakil rakyat secara cermat. Harapannya agar Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024 dapat berjalan dengan baik, tertib, dan lancar.

“Kita juga sangat berharap bagi seluruh jajaran pemuda di Papua Barat untuk memberikan Hak pilihnya pada pemilu serentak 2024. Kita berharap Pemuda tidak ada yang golput. Karena hari ini suara pemuda akan menjadi penentu terhadap kepimpinan ditingkat nasional, maupun kepimpinan ditingkat Provinsi dan di Kabupaten /Kota,”Paparnya

Sebabnya, suatu bangsa dalam mendorong peningkatan dan kemajuan di daerahnya sangat ditentukan oleh keterlibatan para pemuda turut mengawal demokrasi. Sejarah mencatat, bahwa pemuda memiliki peran sangat penting dalam setiap perubahan yang terjadi di negeri ini.

“Dan kita pemuda, siap mengerahkan seluruh potensi pemuda yang ada untuk berpartisipasi dan mengamankan jalannya pemilihan umum serentak ditahun 2024,”Pungkas Samy Saiba. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *