DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsOlahragaSudut Pandang

Dinilai Sudah Matang Tingkatkan Prestasi Olahraga, Ini Harapan Samy Saiba di Momentum HUT ke 24 Papua Barat

MANOKWARI, gardapapua.com — Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Provinsi Papua Barat, Dr. Samy Djunire Saiba, M.Si, menyampikan bahwa peringatan hari jadi Provinsi Papua Barat ke 24 tahun, pada 12 Oktober 2023, adalah sebagai momentum untuk merefleksikan, introspeksi terhadap kontribusi, serta karya nyata, dalam pelaksanaan pembangunan dan prestasi bagi daerah.

Samy Saiba, yang juga selaku Ketua DPD KNPI Papua Barat berharap di usia Pemerintah Papua Barat ke 24, akan bisa bergerak lebih cepat membawa Papua Barat yang dicintai ini semakin maju serta mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Hal ini sejalan dengan tema peringatan hari jadi ke-24 tahun ini yaitu “Papua Barat Maju dan Berdaya Saing”, maka program – program Pemerintah yang telah dicanangkan, diharapkan nanti bisa berkembang dengan maksimal, seperti dalam target olahraga prestasi.

“Tema ini tentu sangat menarik untuk dicermati dan Saya harapkan menjadi spirit bagi semuanya. Usia 24 tahun ini tentunya bukan usia yang baru lagi, tapi justru berada di usia generasi muda. Maka tentunya kita bisa berharap Provinsi Papua Barat bisa bergerak lebih cepat dalam mensukseskan semua program – program kerja di Papua Barat. Karena bagi saya, usia 24 ini, kalau kita analogikan di usia atlet, maka tentu merupakan usia yang matang, usia siap bergerak lebih lincah,”Sebut Samy Saiba, saat diwawancarai usai mengikuti Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke -24, Papua Barat, di Halaman Perkantoran Gubernur, Arfai, Manokwari, pada Kamis (12/10/2023), siang.

“Karena itu semoga dihari HUT ke 24 Provinsi Papua Barat akan semakin maju dan berdaya saing, dalam menuju Papua Barat yang sejahtera kedepannya,”Paparnya menambahkan.

Papua Barat sendiri pada usia ke -24 tahun ini telah masuk dalam agenda atau era kualifikasi atau Pra PON dan menuju PON 2024. Sehingga dalam menyiapkan capaian tersebut, tentunya dari cabang olahraga yang sudah lolos kualifikasi sebelumnya, Samy membeberkan, pemerintah akan benar – benar memperhatikan para cabor tersebut dan para atletnya, sesuai tahapan aturan dan kebijakan yang ada.

Kedepan, Provinsi Papua Barat dalam pengembangan olahraga juga punya misi meningkatkan prestasi para atletnya. Sebab prestasi atlet merupakan tanggung jawab bersama. Konsep pembinaan atlet berprestasi harus dilakukan secara terus menerus, berjenjang dan berkelanjutan.

Samy lalu mengapresiasi beberapa cabang olahraga dengan para atletnya yang dalam bulan oktober 2023 ini, masih berjuang mengikuti fase pra pon untuk memperebutkan tiket menuju PON 2024 Aceh. Sementara bagi Cabor – Cabor yang telah lolos dan memiliki tiket menuju PON, diharapkan agar meningkatkan pelatihan dan pembinaan atletnya.

“Beberapa diantaranya juga pada bulan Oktober 2023 ini, ada kurang lebih juga hampir 15 cabang olahraga yang akan bertarung untuk memperebutkan tiket menuju PON 2024 di Aceh, Sumatera,”Paparnya.

Kesempatan itu, diingatkan pula kepada para atlet dari setiap Cabor yang ada, dalam mengharumkan nama papua barat agar dapat menjunjung tinggi sportivitas. Dengan begitu, semangat untuk berkompetisi dengan baik akan tumbuh sehingga prestasi akan mudah diraih.

“Kita butuh doa dari seluruh lapisan Masyarakat di Papua Barat, semoga atlet yang kita kirimkan nanti pada ajang perhelatan baik Pra PON dan PON dapat lolos dan mampu melaju hingga mengukir prestasi dengan meraih medali untuk mengharumkan nama dan kado terindah bagi Provinsi Papua Barat,”Terangnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *