DaerahGarda KaimanaPendidikan

Komitmen Gratiskan Biaya Seragam Bagi SMP dan SMA/SMK, Ini Klarifikasi Dinas PPO Kaimana

KAIMANA, gardapapua.com – Bukan sekedar isapan jempol, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kaimana melalui dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO), telah menggantikan biaya pakaian seram bagi para siswa/i murid baru ditingkat SD -SMA/SMK yang ditarik oleh setiap satuan pendidikan sejak Dua Tahun lalu.

Prosesi Pengembalian biaya pakaian seragam sebagaimana antisipasi oleh setiap sekolah di kabupaten kaimana, merupakan implementasi dan kebijakan Kepala daerah sebagaimana Visi dan Misi terkait Pendidikan gratis 9 tahun.

Kepala Bidang Pendidikan menegah dan kejuruan Dinas Pendidikan pemuda dan olah raga Nahrul Hayat Rumbara.S.Pd, di ruang kerjanya juga mengklarisikasi Bahasa pungutan, yang ramai dikeluahkan orang tua.

Dikatakannya, bahwa setelah dilakukan klarifikasi ke masing masing satuan Pendidikan, bukanlah bentuk pungutan tetapi adalah bentuk antisipasi, mengingat pakaian seragam siswa dan siswi yang dipesan oleh sekolah melalui para pihak terkait.

Sehingga lanjut dikatakan, setelah dilakukan pertemuan dengan bupati, semua biaya pendaftaran dan pakaian seragam telah dikembalikan ke satuan Pendidikan oleh dinas Pendidikan pemuda dan olahraga dan di tindak lanjuti ke orang tua siswa dan siswa/i.

“Sebenarnya itu bukan pungutan, jadi itu misskomunikasi, karena mereka (satuan Pendidikan) tidak menjelaskan secara baik, bahwa ini untuk mengantisipasi, sambil menunggu pergantgian biaya dari pemda, jadi semua sudah di kembalikan. Itu sudah dari dua tahun lalu sudah dibebaskan untuk pakaian seragamnya. Dimana persiswa Rp. 800.000- 1.000.000. itu lengkap dari putih merah, putih biru, olahraga, dan pakaian batiknya, sementara untuk pendaftaran kami sudah anjurkan agar tidak ada biaya pendaftaran,”Terangnya.

Sementara bagi SMA dijelaskan, hanya dikhususkan bagi orang asli papua. “Itu untuk dua Tahun lalu, kalua tahun ini semua, karena SMA/SMK telah dikembalikan ke kabupaten /kota,”Ujarnya.

Tentu dengan adanya kebijakan pemerintah daerah tentang pembebasan biaya Pendidikan secara gratis, dirinya mengajak orang tua murid untuk secara bersama bergandengan tangan memajukan sumberdaya manusia dikabupaten kaimana. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *