Begini Bentuk Sinergitas DPMK dan Disdukcapil Manokwari, Terkait Pelayanan Administrasi Kependudukan Masyarakat

MANOKWARI, gardapapua.com — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK), bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Manokwari mendorong setiap pemerintah tingkat kampung se-wilayah Manokwari, agar terus berinovasi dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

Ini diwujudkan dalam layanan ekstra kepengurusan administrasi kependudukan kepada masyarakat di akhir pekan, atau setiap hari sabtu.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menggunakan Dana Prospek setiap kampung, selain untuk membiayai program pendidikan, kesehatan, insfrastruktur dasar, penggunaan Dana Prospek untuk wilayah kabupaten manokwari juga didorong untuk mampu melakukan gebrakan pemberdayaan ekonomi, keagamaan dan kemasyarakatan secara maksimal. Terlebih, terkait untuk memfasilitasi masyarakat kampung dalam hal kepengurusan data administrasi kependudukan.

Sekretaris Disdukcapil Manokwari Sikhalik kepada wartawan diruang kerjanya, sabtu (20/3/2021) mengungkapkan, bahwa sangat mengapresiasi kerjasama sinergitas antar OPD dan pemerintahan tingkat kampung/distrik yang sudah berjalan sejak awal bulan januari 2021 ini.

Dengan adanya layanan ini maka data secara otomatis masuk ke database Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sehingga pada ujungnya terbangunlah big data yang bisa digunakan untuk memudahkan segala macam pelayanan publik.

Hal itu agar optimalisasi pelayanan administrasi dapat lebih maksimal. Terbukti dengan telah diterapkannya program kerjasama seperti ini animo masyarakat untuk mau melakukan perekaman E-KTP, mengurus Akte Kelahiran anaknya, dan menata baik nama anggota keluarga didalam satu blangko Kartu Kelurga (KK) itu bisa terlaksana dengan baik.

” Kami sudah mulai sejak 30 Januari 2021, pertama mengajukan dari distrik manokwari selatan. Kita laksanakan setiap hari sabtu atau diwaktu yang disepkati bersama. Ini sabtu minggu ketujuh, kami sekarang masuk di distrik tanah rubuh,”Ujar Sikhalik.

Dia membeberkan, rata – rata yang memang diurus masyarakat adalah terkait Kartu Keluarga (KK) dan Perekaman E-KTP.

“Jadi rata – rata saya liat ini mengurus ulang kartu keluarga. Karena mungkin KK itu rusak, penambahan nama anggota keluarga, dan perekaman E-KTP. Ini bahkan sejak dimulai kami rata – rata layani puluhan sampai rarusan perekaman E-KTP,”Bebernya

Sinergitas Disdukcapil dan DPMK Manokwari

Senada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Manokwari, Jeffry Sahuburua menambahkan, bahwa kegiatan ini adalah pelayanan ekstra kepada masyarakat terkait administrasi kependudukan. Baik kepada mereka dari masing – masing keluarga secara kolektif maupun perseorangan disetiap kampung dari wilayah distriknya.

Kegiatan ini bersumber dari dana Prospek tahun anggaran 2020. Dimana masing masing kampung sebelumnya sudah dihimbau untuk menganggarkan agar setiap warga kampungnya dapat terbantukan dalam hal kepengurusan administrasi kependudukan masyarakat disetiap kampung tersebut terdata secara baik.

“Hari ini ada lima kampung yang hadir hari ini dari distrik tanah rubuh. Ini juga berdasarkan kerjasama DPMK, Pemerintah Kampung dan Disdukcapil. Kami berterima kasih atas kebijakan kepala dinas disdukcapil dan seluruh staf yang bersedia memberikan waktu ekstra di hari sabtu ini untuk menunjang pelayanan kepengurusan administrasi kependudukan kepada masyarakat yang dari dua distrik di tanah rubuh yang selama ini sudah jalan,”Ungkap Jeffry Sahuburua.

“Dari pengamatan kita banyak kepengurusan terkait Kartu Keluarga (KK). Karena ini banyak kita punya masyarakat pas sudah nikah belum mengurus KK, selain itu seperti KTP, ini banyak pemuda – pemudi kita sudah berusia diatas 17 tahun misalnya belum memiliki KTP. Dilain pihak juga ada juga anak – anak yang sejak lahir belum mempunyai Akte Kelahiran,”Tambahnya

Sembari menyebutkan, bahwa dengan pelaksanaan inovasi pelayanan setiap hari sabtu atau sesuai waktu ditentukan, diharapkan pendataan administrasi kependudukan masyarakat diwilayah manokwari semakin baik.

“Ini saja Hampir 50 KK setiap sabtu atau hari ditentukan kami melayani mereka. Harapannya dengan telah terdata semua masyarakat dan tertib administrasi kependudukannya, apalagi sudah dianggarkan melalui program dana Prospek Kampung ini masyarakat bisa punya status kependukan yang jelas. Karena dengan demikian dapat membantu masyarakat terkait hal – hal pelayanan administrasi lainnya,”Tukasnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *