DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratPolitik

Gerbong Infrastruktur PSI Papua Barat Dibenahi, Bro Purwanto Mulai ‘Roadshow’

MANOKWARI, gardapapua.com — Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia, Purwanto, SH., M.Kn sejak terpilih dan ditetapkan sebagai ketua definitif dari Dewan Pimpinan Pusat PSI, langsung terjun melakukan roadshow (pengenalan,red) ke tingkat DPD.

Kegiatan itu dimulai pada tingkat DPD Manokwari, sebagai wilayah Barometer Politik tingkat ibukota provinsi papua barat.

Roadshow yang terbalut Kopi Darat atau kopdar yang dilaksanakan pada sabtu (13/3/2021), menjadi langkah konsolidasi dirinya bersama pengurus DPD PSI Manokwari guna membahas kesiapan mereka menghadapi verifikasi dan Pemilu 2024.

Ajang pertemuan antar sesama para semangat solidaritas itu diharapkan juga dapat menguatkan kepengurusan serta memperkokoh kebersamaan bersama pengurus PSI sampai pada tingkat DPC nantinya.

Purwanto kesempatan itu juga menyebut telah mengagendakan roadshow ke daerah-daerah untuk mendorong penataan infrastruktur PSI dan membangkitkan optimisme kader PSI di provinsi Papua Barat menghadapi verifikasi.

Hal ini dimaksud agar satu persatu gerbong infrastruktur PSI se-wilayah DPD di kabupaten/kota pasca dibenahi akan semakin solid dan kuat menghadapi rangkaian tahapan pemilu 2024 mendatang.

Sebuah sekretariat, terangnya, telah disiapkan sebagai basecamp yang akan mengontrol aktivitas DPD-DPD di daerah ini. Termasuk nanti di kota sorong sebagai ousat koordinasi untuk wilayah Sorong Raya.

“Saya minta kepada seluruh DPD untuk mulai fokus dan serius mempersiapkan diri menghadapi verifikasi baik administrasi maupun keanggotaan. Tidak boleh melempem karena ini pintu masuk bagi PSI untuk menjadi peserta Pemilu. Pengalaman sebelumnya dimana PSI sukses melewati verifikasi adalah pengalaman. DPW akan terus memberi suport agar seluruh DPW bisa melaluinya,”Kata Bro Purwanto yang juga adalah Ketua Umum Gapeknas dan Askoni Papua Barat.

Purwanto yang juga baru terpilih sebagai Koordinator Presidium KAHMI Manokwari mengungkap dirinya telah mengagendakan roadshow ke daerah-daerah untuk mendorong penataan infrastruktur PSI dan membangkitkan optimisme kader PSI di provinsi Papua Barat menghadapi verifikasi.

Sebuah sekretariat telah disiapkan sebagai basecamp yang akan mengontrol aktivitas DPD-DPD di daerah ini. Termasuk nanti di kota sorong sebagai pusat koordinasi untuk wilayah Sorong Raya.

Ia pun sangat optimis PSI akan menunjukkan kiprah yang signifikan pada Pemilu 2024 nanti termasuk di Papua Barat.

Sementara itu Ketua DPD PSI Manokwari, Patrix Barumbun Tangdirerung menjelaskan bahwa Verifikasi Partai Politik bukanlah sebuah instrumen kepemiluan yang dimaksud untuk memangkas peran dan partisipasi partai politik, terutama dalam semangat memperkuat sistem presidensial.

“Justru dengan verifikasi setiap partai politik memperkuat basis administrasi dan keanggotaannya. Jadi verifikasi jangan hanya dilihat sebagai beban meskipun kenyataannya memang butuh energi dan fokus untuk melaluinya. Ini justru peluang untuk memperbaiki sistem kepartaian kita secara internal,”Kata Patrix

Dalam sistem presidensial, lanjut Patrix penyederhanaan partai politik memang merupakan sebuah keniscayaan. Meski begitu, yang ideal adalah proses itu berlangsung secara alamiah.

Belakangan, ada tren positif terhadap elektabilitas PSI berdasar kajian sejumlah lembaga survei yang menurut Patrix mengindikasi adanya peluang yang lebih besar bagi PSI untuk berkiprah dalam pentas politik nasional. “Ini menambah optimisme kita,” katanya.

“Soal verifikasi, kita sudah punya pengalaman, modal dan kapasitas yang cukup untuk menghadapinya,”Tambahnya. [*/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *