Pemkab Tambrauw Siap Canangkan Vaksinasi Covid-19 Tahap Awal

FEF, gardapapua.com — Pemerintah Kabupaten Tambrauw siap mencanangkan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 tahap awal. Hal itu menyusul telah tibanya sebanyak 400 dosis vaksin Sinovac Covid-19, di Fef Ibu Kota Kabupaten Tambrauw, pada Minggu (31/1).

Asisten II Kabupaten Tambrauw Saur Situmorang yang mewakili Pemerintah Kabupaten Tambrauw mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima Vaksin Sinovac Covid-19 sebanyak 400 buah dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, dalam keadaan baik hingga sampai ditempat.

Menurutnya, pihak – pihak yang nantinya mendapat suntikan vaksin Covid-19 (Sinovac) pertama kali diikuti oleh jajaran Forkopimda, tenaga kesehatan (garda terdepan) dan beberapa perwakilan tokoh masyarakat dan agama.

” Kami sudah serah terima tadi di Kantor Bupati di Fef. Sesuai data, untuk tahap pertama Tambrauw kebagian 400 buah Vaksin,”Ujar Saur

Sesuai jadwal ujar Saur pada Rabu 3 Februari 2021 Pemda Tambrauw akan melakukan pencanangan Vaksinisasi tahap pertama di Distrik Sausapor.

Sementara itu Kepala Seksi Survei Lansia dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tambrauw Maria Theresia Bame mengungkapkan setelah dilakukan pencanangan Vaksinisasi tersebut, tentu tenaga kesehatan akan diprioritaskan mengingat mereka garda terdepan melayani kesehatan bagi masyarakat.

“Jadi akan menyasar terhadap tenaga kesehatan sebagai garda terdepan,”Sebutnya

Terkait tempat penyimpanan Vaksin tersebut, kata dia, pihaknya memastikan aman, karena Tambrauw juga memiliki tempat penyimpanan seusai anjuran dengan suhu 2-8 derajat.

” Kami pastikan, Vaksin aman. Selain dijaga oleh pihak keamanan. Vaksin tersebut juga disimpan ditempat sesuai yang aman di Puskesmas Fef,”Jelasnya.

Pantauan media ini. Sebelum tiba di Fef, Ibu Kota Kabupaten Tambrauw, Vaksin tiba di Bandara Deo Kota Sorong pada pukul 11.20 WIT dikawal ketat oleh anggota Brimob dari Polda Papua Barat.

Kemudian, diarak menuju Kabupaten Tambrauw dipimpin langsung oleh Kapolsek Sausapor Iptu Haroan Rajagukguk. Kurang lebih 5 jam perjalanan dengan medan yang begitu berat akhirnya tiba di Fef pukul 17.00 Wit.

Baca Juga : https://gardapapua.com/2021/01/27/sekda-tambrauw-nyatakan-siap-jadi-orang-pertama-divaksin-c-19-di-tambrauw/

Sebelumnya telah diberitakan juga, sekda Kabupaten Tambrauw Engelbertus Kocu,S.Hut,MM dengan tegas mengatakan siap menjadi orang pertama yang akan di Vaksin di Kabupaten Tambrauw. Hal tersebut dikatakan Sekda Tambrauw saat membuka acara Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi Covid19 bagi Fasyankes Kabupaten Tambrauw disalah satu hotel di Kota Sorong kemarin (26/1).

Sekda mengatakan kesiapan dirinya menjadi orang pertama yang akan menerima Vaksin di Kabupaten Tambrauw, merupakan langkah awal agar membuktikan kepada pejabat Publik maupun masyarakat bahwa Vaksin aman dan tidak berbahaya.

“Saya siap sekali jadi orang pertama di Kabupaten Tambrauw yang disuntik vaksin, disuntik 10 kali pun saya siap. Saya rasa semua pejabat yang ada di Tambrauw juga siap, hanya saja memang kita harus menunggu hasil screening lagi, mengingat banyak pimpinan OPD yang sudah memasuki usia pensiun dan rentan dengan penyakit bawaan seperti jantung, diabetes, dan lain sebagainya,”Ujar Sekda.

Sekda lalu mengharapakan sebagai garda terdepan petugas kesehatan nantinya yang akan melakukan Vaksinasi kepada masyarakat, harus lebih masif menjelaskan, karena Tambrauw sendiri berbeda dengan daerah lain.

” Kita Tambrauw berbeda dengan daera lain. Masyarakat harus dijelaskan baik-baik, Jangan sampai karena penyakit lain, Masyarakat kenapa-kenapa, tapi katanya gara-gara Vaksin, siapa yang mau tanggung jawab,”Tandasnya. [FR/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *