dr. Rosaline Rumaseuw Harap Anggaran Kesehatan Buat Papua Harus Ditambah

JAKARTA, gardapapua.com — dr. Rosaline Irene Rumaseuw,M.Kes, meminta Pemerintah Pusat melalui jajaran Kementerian Kesehatan RI untuk meningkatkan standar keberadaan fasilitas kesehatan yang memenuhi standar di setiap daerah di Indonesia, sampai ditingkat daerah khususnya bagi Papua.

Menurut perempuan asal Papua, berdarah biak dr. Rosaline Irene Rumaseuw, bahwa hal itu tentu salah satunya melalui alokasi peningkatan anggaran kesehatan di Papua yang harus ditambah baik yang bersumber dari dana Otsus maupun DAK/DAU.

” Dananya harus diberikan dan dikelola dalam bentuk Program DAK misalnya atau otsus. Supaya diprogramkan baik dan agar fasilitas perlengkapan bidang pelayanan kesehatan dan tenaga medis yang masih kurang di papua, pejabat terkait jangan menutup mata. Masih ada beberapa puskesmas yang peralatannya belum memadai atau tidak terpenuhi, harus segera disikapi,”Ucap Rumaseuw yang pernah bertugas sebagai Tenaga Dokter di PT Freeport Indonesia itu, (12/8/2020).

ADVERTORIAL Ucapan HUT RI Ke-75 tahun 2020

Menurut dia, bahwa masalah kesehatan yang selama ini sering terkendala dan tak pantas bagi rakyat Papua diakuinya sulit diselesaikan selama fasilitas kesehatan dan tenaga medis di daerah – daerah pelosok Papua tidak memadai.

Padahal anggaran pembangunan terutama dari Otsus selama ini diketahuinya cukup banyak. Sehingga kedepan diharapkan sinergitas mengawal setiap penggunaan anggaran belanja suatu daerah haruslah dengan lebih baik, agar pembangunan fasilitas, infrastruktur kesehatan dapat terus dibenahi.

” Tujuannya agar pembangunan infrastuktur kesehatan ini terus dibenahi. Karena ada beberapa tempat atau daerah di pelosok daerah itu yang jangkauan transportasinya masih sulit. Beberapa perlengkapan dipelayanan tingkat puskesmas misalnya itu banyak yang kurang memadai. Saya sempat ke pulau saya di biak misalnya ada pustu yang bagus tapi perlengkapan tidak lengkap, disitu tenaga medisnya seperti bidan juga kurang,”Terangnya. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *