Rakor Sentra Gakkumdu R4, Untuk Pemilukada Jujur dan Adil

WAISAI, gardapapua.com — Guna terciptanya pemilukada yang jujur dan adil di Kabupaten Raja ampat, Jumat, (13/3/2020), bertempat di Gedung Syalome Syeben, kota waisai kabupaten Raja ampat, telah diselenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi lintas sektoral.

Hal itu dalam langkah mensinergikan penanganan Tindak pidana Pemilukada.Terdapat Tiga pilar yang tergabung dalam GAKKUMDU di Raja Ampat, yakni pihak Kejaksaan, Kepolisian, dan Bawaslu.

Sesuai pantauan, kegiatan Rapat kordinasi sentra GAKKUMDU di Raja Ampat, turut di hadiri Unsur Pemda Raja Ampat, Noak Komboy, (Asisten II Setda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ketua KPU Raja Ampat Steven Eibe, Mayor Inf Agus Yuli Padang (Kasdim 1805/ Raja Ampat), Alfred Suruan, S.TP (Kadistrik Kota Waisai), Markus Rumsowek (Ketua Bawaslu Kab. Raja Ampat, serta Para Koordinator Divisi Hukum, Penindakan dan PenyelesaianSengketa Panwaslu Distrik Se-Kab. Raja Ampat serta Staf dan Sekretariat Bawaslu.

Markus Rumsowes S.sos selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Raja Ampat menjelaskan, bahwa pelaksanaan Rapat Koordinasi tersebut,erupakan amanah UU No. 10 tahun 2016 tentang pemilihan Kepala Daerah, yaitu untuk dibentuk dan dilaksanakan tugas penindakan pelanggaran pemilu.

Oleh karena itu, ia berharap agar para peserta dapat mengikuti materi yang akan disajikan secara panel karena Gakkumdu terdiri dari tiga, yaitu Kejaksaan, Kepolisian dan Bawaslu untuk menangani tindak pidana pemilu.

Dalam rapat kordinasi Sentra GAKKUMDU itu, ia menghimbau agar Setelah kegiatan panel diskusi ini, setelah selesai akan di akan melanjutkan dengan launching atau meresmikan kesekretariatan Gakkumdu, beralamat di kantor Bawaslu Raja ampat, Kota waisai kabupaten Raja ampat.

Selain itu, kata markus juga bahwa, selaku pimpinan ketua Bawaslu Raja Ampat, turut mengapresiasi Pemda Raja ampat yang telah memberikan dana hibah sebesar Rp. 21 miliar lebih untuk Bawaslu dalam menyuseskan pilkada serentak 2020 di Raja ampat.

” Kamk Pihak Bawaslu akan mengupayakan terwujudnya pemilu yang jujur dan adil di Raja Ampat,”Cetusnya

Sementara itu selaku pembina politik di Raja Ampat Bupati Abdul Faris Umlati SE, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Assisten II Setda,Noak Komboy SH.,M.SI, menjelaskan, tentu diketahui bahwa Raja Ampat akan melaksanakan Pilkada serentak 2020, karena itu sedini mungkin sangat perlu menyiapkan langkah strategis dalam penindakan penangan permasalahan pemilu.

” Dalam rapat kordinasi ini penting sebagai langkah agar terciptanya pemilukda yang jujur dan adil, bahkan menghindari Penegakan hukum dalam pemilu,”Paparnya

Diharapkan juga, semua stakeholder terkait agar dapat menjalankan tugas dan fungsinyanya, guna menyukseskan momenrum pemilukada ini.

” Kita sadari bahwa penindakan pemilu yang transparan merupakan harapan semua masyarakat. Oleh karena itu mari kita wujudkan penegakan penindakan hukum pemilu yang berintegritas dan bermartabat,”Pungkasnya. [DM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *