DaerahGarda Raja Ampat

Bupati Sorsel Pancasila Ciptakan Harmoni dan Kebhinekaan Indonesia

TEMINABUAN, gardapapua.com — Dalam Rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019 Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan melaksanakan upacara peringatan yang di gelar di Lapangan Apel Kantor Bupati Sorong Selatan.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE Selaku Komandan Upacara Lettu Inf.Oky Syalendra, turut hadir dalam Upacara ini Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk, Perwira Penghubung Kodim Sorong Selatan Mayor Inf. Antonius Sigala, Kabag Ops Polres Sorong Selatan AKP Sutrisno, Ketua TP PKK Sorong Selatan Ny Beatriks Anggiluli,SE, Pimpinan OPD dan Peserta Upacara dari TNI, POLRI serta ASN dilingkungan Pemkab Sorong Selatan.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE dalam amanatnya mengatakan untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini, dibutuhkan kerja keras bersama berlandaskan pancasila. pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi negara kita. sebagai falsafah negara, pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

“ Pancasila sangat berguna untuk menciptakan harmoni dalam kebinekaan indonesia. pancasila juga mampu membendung ancaman adu domba pemecah belah persatuan dan kesatuan bangsa serta isu hoaks yang selalu merongrong bangsa kita akhir akhir ini.” Ungkapnya

Untuk itu, penerapan nilai pancasila dalam setiap sendi kehidupan bangsa mutlak dilakukan agar indonesia tidak terseret nilai nilai yang memecah belahkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Bupati juga meminta, agar terus-menerus menumbuh kembangkan nilai-nilai pancasila kepada semua generasi, utamanya para generasi penerus bangsa indonesia secara khusus dibidang pendidikan
Menurutnya pendidikan merupakan sistem yang bisa melakukannya secara efektif, karena melalui sistem pendidikan, penggalian, penanaman, pengembangan dan pengamalan nilai pancasila dapat dilakukan secara sistemik, sistematik dan secara masif.

Thema peringatan hari kesaktian pancasila tahun 2019 adalah “Pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa menuju indonesia maju dan bahagia”. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *