Unipa Gelar Seminar Hasil Pengkajian Stok Sumber Daya Perikanan Laut Di Sorsel

TEMINABUAN, gardapapua.com — Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Papua menggelar Seminar Hasil Pengkajian Stok Sumber Daya Perikanan Laut Kabupaten Sorong Selatan bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Barat.

Kegiatan itu dilaksanakan 30 September 2019 bertempat di Aula Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sorong Selatan.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE Ketua Tim Dr Ridwan Sala M Si Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Papua Manokwari, Asisten 2 Setda Kabupaten Sorong Selatan Yohan Hendrik Kokurule,SE, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sorong Selatan Isak Meres,SH dan Sejumlah Pimpinan OPD, LSM dan Tokoh Masyarakat.

Dalam Sambutanya Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE mengatakan, bahwa Sorong Selatan memiliki sumber daya alam yang sungguh luar biasa secara khusu dibidang perikanan dan potensi sagu yang melimpah.

“Kabupaten Sorong Selatan memiliki kontribusi PAD terbasar berasal dari potensi perikanan,”Jelas bupati,

Bupati Sorsel juga menyampaikan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Tim Pengkajian Stok Sumber Daya Perikanan Laut Kabupaten Sorong Selatan yang telah melakukan penelitian dikabupaten Sarong Selatan terkait stok hasil perikanan yang ada di Sorong Selatan.

Dengan pendataan ini tentunya kedepan Sorong Selatan dapat mengembangkan dan menata potensi ini dengan baik dan dengan sungguh sungguh tentunya akan memberikan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, dengan hasil seminar ini kedepan dapat dipergunakan sebagai data valid untuk melakukan perencanaan dan pembangunan Sorong Selatan kedepan.

Sebagai OPD pemerintah mengeban tugas untuk melayani dan mempersiapkan masyarakat dengan memberikan alat tangkat, transportasi dan mengelolah hasil sumber daya alam di bidang perikanan.

Menurutnya saat ini sumber daya alam dibidang perikanan belum sepenuhnya di manfaatkan secara maksimal oleh masyarakat untuk itu dengan kajian ini dapat dimanfaatkan lebih baik kedepan.

Sementara itu Ketua Tim Dr Ridwan Sala M Si, Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Papua Manokwari menjelaskan, terkait hasil dari kajian Stok Sumber Daya Perikanan Laut Kabupaten Sorong Selatan sangat penting dilakukan sebagai landasan pembangunan dibidang perikanan sebab menurutnya ikan sangat susah untuk dihitung dan jika ditangkap terus suatu saat akan habis.

“Kajian ini merupakan landasan dasar untuk penentuan kebijakan untuk itu sangat perlu suatu daerah memiliki daftar stok hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan seberapa jauh kita mengembangkan sumber daya perikanan laut sesuai dengan kateristik wilayah masing masing contohnya di Sorong Selatan yaitu Udang Putih,”Imbuhnya

Menurutnya, seperti contoh Udang Putih merupakan potensi primadona bagi Kabupaten Sorong Selatan yang sangat perlu untuk di kembangkan dan saat ini wwf telah berupaya untuk mensertifikasi jenis udang ini.

“ Unipa Manokwari memberikan apresiasi yang tinggi karena di dukung oleh Pemerintah Daerah Sarong Selatan dalam riset ini ,dan dalam riset ini pihaknya melibatkan mahasiswa Unipa Manokwari untuk peningkatkan kapasitas mahasiswanya,”Tukasnya. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *