Sentani Berduka, KKSS Papua Barat Unjuk Solidaritas

MANOKWARI, gardapapua.com — Tragedi banjir bandang yang melanda Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menggerakkan warga Manokwari untuk unjuk solidaritas.

Banjir bandang dan longsor di Sentani, Jayapura, Papua yang telah menewaskan puluhan orang, ratusan Jiwa mengalami luka – luka sejak Sabtu (16/3) malam kemarin membuat banyak pihak tergerak hati. Salah satunya, elemen masyarakat yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan atau KKSS di Provinsi Papua Barat, Kota Manokwari.

Ketua KKSS Papua Barat, Haji Nurjaya, melalui Sekretaris BPW KKSS Papua Barat, H. Ahmad Kuddus, ST turut didampingi Humas KKSS PB, Patrix Barumbun Tandirerung, serta sejumlah anggota lainnya, senin (18/3/2019) malam mengatakan, Aksi kemanusiaan digelar KKSS Papua Barat di sejumlah kota di Papua Barat. Di Manokwari aksi dipusatkan di simpang T. L Haji Bauw, Wosi yang diikuti sejumlah pengurus dan pilar KKSS, sejak pukul 16.00 WIT hingga menjelang magrib, pada Senin (18/3).

“Aksi ini akan dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut. Kami memohon maaf kepada para pengguna jalan bila terganggu. Juga berterima kasih kepada seluruh pengguna jalan yang sudah menunjukkan simpati serta ikut memberi donasi kepada saudara-saudari kita di Sentani yang tertimpa musibah bencana banjir,” kata Sekretaris BPW KKSS Papua Barat, H. Ahmad Kuddus, ST di sela aksi.

Pilar KKSS yang terlibat dalam aksi di Manokwari antara lain Komunitas Anak Segeri, Ikatan Pemuda Luwu Raya, Kerukunan Keluarga Maros, Kerukunan Keluarga dan Pemuda Bone serta dua kelompok suoorter PSM Makassar, The Macz Man dan Kitong PSM.

Adapun pada Aksi solidaritas galang dana peduli sentani pertama oleh KKSS PB sejak sepanjang sore berhasil mengumpulkan dana sumbangan sukarela sebesar Rp. 9.221.000 rupiah. Penggalangan dana juga rencananya akan dilakukan secara internal dari warga KKSS. Di Fakfak, KKSS setempat juga menggelar aksi yang sama.

Ahmad Kuddus melanjutkan, Aksi peduli KKSS Papua Barat ini bukanlah kali yang pertama. Organisasi ini selalu menggelar aksi kemanusiaan, baik berupa penggalangan dana, pendistribusian bantuan dan relawan ke lokasi bencana.

Misalnya, saat gempa mengguncang NTB, Palu dan sekitarnya hingga saat banjir bandang dan longsor menerjang sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan baru-baru ini.

“Ini wujud kepedulian KKSS pada masalah-masalah kemanusiaan,” sebut Ahmad Kuddus. [*/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *