Aspirasi RakyatDaerahGarda ManokwariPolitikSudut Pandang

Dinilai Berpengalaman dan layak, IWAGA Manokwari Apresiasi Purwanto Masuk radar Bacawakada

MANOKWARI, gardapapua.com — Selain penyelengggara pemilu, partai politik, dan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, mulai bergerak menyiapkan diri menyambut “pesta” demokrasi lima tahunan (Pilkada) yang baru pertama kali digelar secara serentak di seluruh Indonesia.

Di kabupaten Manokwari, sejumlah figur telah mulai muncul dan menyatakan kesiapannya maju merebut kursi pucuk pimpinan bakal calon kepala daerah (bacakada) dan bakal calon wakil kepala daerah (bacawakada).

Satu diantara deretan nama – nama tersebut, ada sosok politikus milik Partai Solidaritas Indoensia (PSI), yakni Purwanto, S.H.,M.Kn yang kini elektabilitasnya mulai diperhitungkan dalam kanca perhelatan pemilukada 2024 Manokwari.

Purwanto sendiri, telah menjadi bagian prosesi penjaringan internal oleh beberapa partai politik (parpol) koalisi delapan untuk diusung berpasangan dengan Bupati Petahana periode 2019 – 2024, Hermus Indou untuk dapat menjadi pasangan calon kandidat Kepala daerah – Wakil kepala daerah dalam bursa perhelatan pemilukada Manokwari.

Terkait itu, Sugeng Toto Raharjo selaku ketua Ikatan Warga Trenggalek (IWAGA) di Manokwari, saat diwawancarai gardapapua.com, mengapresiasi langkah politik sosok Purwanto yang dinilai berpengalaman dan memiliki karir politik yang cukup baik sebagai sosok pimpinan partai ditingkat ibukota provinsi papua barat, manokwari, untik dapat terlibat lebih jauh sebagai calon kontestan dalam pemilukada manokwari 2024.

“Sebagai ketua kerukunan IWAGA Trenggalek di Manokwari. Dimana Pak Purwanto adalah sosok bagian dari kami yang juga orang lama berkarir dan membangun usaha karirnya di Manokwari kami melihat bahwa beliau sosok yang paham kerja – kerja organisasi. Mengingat beliau sendiri di kami itu adalah Penasehat kami di IWAGA,”Ucap Ikatan Warga Trenggalek (IWAGA), Sugeng Toto Raharjo.

Terkait dinamika jelang Pemilukada di Manokwari tahun 2024, Sugeng menilai, bahwa sosok Purwanto dinilai dari segi kenusantaraannya adalah figur yang bisa diterima bersanding sebagai Bakal Calon Wakil Bupati (Cawabup) dengan sosok Hermus Indou, sebagai Calon Kepala Daerah (Cakada) / Calon Bupati.

“Kami pada dasarnya apabilanya rejekinya pak Hermus Indou memilih pak Purwanto sebagai Calon Wakil Bupatinya, sesungguhnya kami sangat mendukung dan mengparesiasi. Dan tentu lapisan keluarga besar trenggalek di Manokwari dan keluarga suku jawa di Manokwari kami sangat siap mengawal,”Jelasnya

“Kami apresiasi Pak Purwanto sangat aktif dalam berorganisasi di kerukunan, partai politik dan juga beberapa organisasi lainnya yang telah kami pandang dan nilai sangat berbakat dan memiliki paham pengetahuan mumpumi dan selalu bisa memberikan masukan, solusi demi peningkatan dalam kebersamaan dan keberagaman. Jadi kami nilai bisa dan cocok bila pak Purwanto bersanding dengan bapak Hermus Indou. Kami Wong Jowo bangga bilamana pak Purwanto dipilih untuk mendampingi bapak Hermus Indou,”Cetusnya menambahkan.

Sugeng juga memaparkan, keinginan mereka berharap Purwanto dapat sepenuhnya diterima sebagai bacawakada. Tentu dengan komitmen siap mengawal dan memenangkan Purwanto bersama pasangan Calon kepala daerahnya Hermus Indou, sebagai Bupati – Wakil Bupati Manokwari periode 2024 – 2029.

“Pak Purwanto ini sangat baik dengan warga dan sebagai sesepuh di Ikaswara atau keluarga wong jowo, beliau ini aktif dan kadang bergerak cepat turut memperhatikan dan mau memberi serta menerima saran masukan untuk kemajuan bersama,”Terangnya. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *