Aspirasi RakyatBudayaDaerahGarda Kaimana

Hadiri Festival Noken, Ini Pesan Staf Ahli SDM Kaimana

KAIMANA, gardapapua.com — Dalam rangka untuk merawat dan melestarikan peradaban budaya lokal, pemerintah daerah Kabupaten Kaimana melalui dinas kebudayaan dan pariwisata mengadakan festival Noken.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh staf ahli Bupati bidang sumber daya manusia (SDM) yang didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Priwisata Kabupaten Kaimana di gedung serbaguna Rehobot, Kaimana (06/12/2023).

Dalam penyampainnya mengatakan bahwa festival noken merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun. Festival Noken ini rutin dilakukan sejak 2020 hingga 2023. Sehingga penyelenggaraan festival Noken kali ini merupakan yang ketiga kalinya.

“Ini sebagai bentuk komitmen kita untuk terus merawat dan melestarikan budaya dan nilai-nilai lokal di Papua termasuk di negeri Kaimana ini,”Ucapnya

Baginya, dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta mobilitas manusia yang sangat masif, manusia akan saling berinteraksi. Dengan bernteraksi, tentu memiliki muatan nilai budaya yang berbeda-beda yang tidak bisa dihindari.

“Sehingga lambat laun dari proses dinamika masyarakat ini, nilai-nilai budaya kita yang khas itu akan tergerus. Karena yang namanya akulturasi dan asimilasi budaya tak bisa dihindari,”Jelasnya.

Dengan demikian, pemerintah telah mengeluarkan UU No 05 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Untuk menegaskan bahwa kebudayaan merupakan pilar kehidupan bangsa.

“Jadi semua daerah di NKRI ini punya tanggung jawab untuk bagaimana menjaga dan melestarikan budaya yang ada di masing-masing daerah,”Tambahnya.

Diketahui juga, bahwa Noken telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Hal ini sebagai satu kebanggaan bagi masyarakat Papua dan Indonesia. Sekaligus menjadi tantangan untuk dilestarikan dan terus dirawat. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *