DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsOlahraga

Tidak Sekedar Formalitas, Pemerintah Harap Pertina Papua Barat Semakin Berkembang

MANOKWARI, gardapapua.com — Mewakili Pj. Gubernur Waterpauw, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs. Muhammad A.Tawakal, meminta pelantikan pengurus provinsi (pengprov) persatuan tinju amatir indonesia (Pertina) Papua Barat, periode 2023 – 2027 yang dipimpin Clinton C. Tallo, bertempat di salah satu Hotel di Manokwari, pada Sabtu (25/7/2023), bukan sebagai momentum formalitas.

Lebih dari itu, menurut Tawakal, Pemerintah Papua Barat mengharapkan dalam periodesasi pengurus yang baru dilantik ini, dapat menjadi energi positif yang baru (fresh) dalam memajukan olahraga tinju di papua barat lebih baik dan terukur.

“Sebuah kepengurusan bukan sekedar gagah – gagahan ataupun formalitas semata. Tetapi merupakan suatu pengorbanan untuk mengembangkan amanat lebih memajukan papua barat dalam hal ini bidang olahraga tinju,”Ujar Drs. Muhammad A.Tawakal, saat menghadiri dan memberikan arahan sambutan pada pelantikan tersebut.

Dia juga berpesan kepada pengurus baru yang telah dilantik, agar mampu meningkatkan dan melaksanakan segala visi dan misi, terutama program pembinaan bagi atlet tinju usia dini.

” Jangan kerja biasa – biasa saja, namun harus kreatif dan inovatif dalam upaya meningkatkan prestasi tinju di tanah air. Jika perlu libatkan seluruh kalangan di wilayah papua barat agar olahraga tinju ini dapat dikembangkan sampai di distrik, dan pelosok kampung – kampung di papua barat, dan juga dapat melaksanakan pemantauan terhadap atlit – atlit berpotensi agar bisa dibina,”Imbaunya

Sembari menambahkan, bahwa Pemerintah Papua Barat juga mendukung keikutsertaan Papua Barat pada Pra Kualifikasi PON XXI di Makassar pada pekan depan, kiranya dapat memberikan semangat baru dan menjadi momentum untuk membentuk atlet tinju yang lebih berkualitas, bisa bersaing ditingkat nasional dan bahkan internasional.

“Besar harapan saya, kepada pengurus Pertina Papua Barat yang baru dilantik dapat menunjukan kesiapan dan keikhlasan untuk memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan daerah,”Harapnya

“Saya juga berpesan kepada para pelatih serta atlit yang ada untuk dapat bersinergi, kompak berlatih dan berjuang sekuat mungkin untuk meraih prestasi dan mengharumkan nama papua barat di kancah nasional maupun di level internasional. Sebab, mereka yang disebut para juara adalah bagi mereka yang disiplin dan berlatih keras,”Sambungnya menambahkan.

Sementara itu, Ketua Umum PP Pertina, Mayjen TNI (Purn) Komarudin Simanjuntak kepada sejumlah awak media mengatakan, dengan telah dilantiknya para pengurus Pertina Pengprov Papua Barat, diharapkan menjadi cikal bakal kembalinya masa kejayaan ‘Sang Juara’ dalam olahraga Tinju dari Tanah Papua, Provinsi Papua Barat.

“Pesan saya menaruh harapan untuk putra -putri dari Masyarakat di Papua Barat, dapat kembali seperti dulu. Jadi dalam konsep, bisa kembali seperti masa kejayaannya dulu yakni menghasilkan sang juara – juara, baik ditingkat nasional maupun internasional,”Pesan Simanjuntak.

Harapan ini, tegas simanjuntak, bukan berkelebihan dalam meminta konsistensi bagi pengurus Pertina yang baru dilantik. Namun demikian, adalah sebagai wujud bagaimana menginginkan adanya peningkatan prestasi papua barat dalam olahraga tinju semakin dipandang di tingkat Nasional dan Internasional.

“Karena memang potensi para atlit dari Masyarakat di Papua Barat ini sangat besar. Sehingga kami harap, dengan semangat yang besar, maka cita – cita ini bisa diwujudkan,”Tukasnya.

Dia juga mengapresiasi para atlit tinju Papua Barat yang telah dibentuk bersama para pelatih dan management yang ada, dalam kesiapan menuju seleksi Pra Pon I tahun 2023 di Makassar.

“Papua Barat termasuk Provinsi yang mengirimkan atlitnya terbanyak. Ini menunjukan komitmen pada sikap ingin kembali pada kejayaannya. Jadi saya sebenarnya hanya menagih apa yang menjadi tradisi di papua barat, menjadi ‘Sang Juara’,”Tandasnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *