DaerahGarda ManokwariKesehatan

Dinkes Papua Barat Gelar Sosialisasi dan Pemeriksaan IVA

MANOKWARI, gardapapua.com — Dinas Kesehatan Papua Barat mengadakan acara Sosialisasi Program dan Pemeriksaan IVA dan Kanker Payudara, bertempat di Puskesmas Sanggeng, Manokwari, pada hari Jumat, 16/6/2023.

Kegiatan ini diikuti peserta yang terdiri dari ibu-ibu TP PKK, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Manokwari, Pengurus Persit Cabang Manokwari dan Kodam XVIII Kasuari, P3AP2KB Kabupaten Manokwari, dan Ormas Wanita KKSS di Manokwari.

Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular (PTM), Dinas Kesehatan Papua Barat, Apriyani Taedini, S.KM.,M.Kes, mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi Deteksi dini kanker mulut rahim adalah untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya Pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA).

IVA sendiri merupakan pemeriksaan sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat.

Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan screaning alternative dari pap smear namun lebih praktis dan sangat mudah untuk dilaksanakan.

“Pemeriksaan IVA terus disosialisasikan agar masyarakat mengerti dan ikut memeriksakan diri,”Ucap Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular (PTM), Dinas Kesehatan Papua Barat, Apriyani Taedini, S.KM.,M.Kes.

Karena dengan pemeriksaan lebih awal akan memberikan penanganan yang lebih awal, jika penderita baru mengetahui saat sudah dalam stadium yang berat maka pengobatan akan lebih berat. Semua wanita yang sudah melakukan hubungan seks dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan IVA. Setelah melakukan pemeriksaan IVA, jika hasil positif maka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan, yakni pemeriksaan pupsmear yang dapat memberikan hasil lebih spesifik.

Juga pemeriksaan deteksi dini untuk payudara dengan sadanis (pemeriksaan payudara klinis). Dimana pemeriksaan yang dilakukan ini guna deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Dari kami Dinas Kesehatan Papua Barat, target kami adalah para ibu – ibu atau kaum perempuan ini dapat memahami apa itu kanker payudara. Penyebabnya apa, penanggulangannya seperti apa, pencegahannya bagaimana, dan langkah – langkah pengobatannya bagaimana sehingga mereka bisa lebih baik untuk menjaga kesehatan diri mereka,”Ucap Apriyani.

Sisi lainnya, adalah dengan semakin memahami bahaya akan kanker payudara, kedepan para kaum perempuan akan terbiasa melakukan pemeriksaan rutin di tempat pelayanan – pelayanan kesehatan.

“Kami harap kedepan akan semakin bergandengan tangan untuk bersama – sama menekan secara dini angka bahaya kanker sejak dini,”Imbuhnya

Sementara itu, Ibu Harini Rokhmah, selaku Perwakilan Persit mengaku senang bisa menghadiri dan mengikuti dengan baik pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan IVA di wilayah Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat TA 2023, di Puskesmas Sanggeng.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami mengapresiasi sekali karena mendorong kami untuk lebih sadar melakukan pemeriksaan kesehatan dengan teratur dan tanpa takut,”Paparnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *