DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsPeristiwaSudut Pandang

Ini Pesan dan Harapan Nataniel Mandacan di Usia ke – 60 Tahun

MANOKWARI, gardapapua.com — Mantan Sekretaris Daerah Papua Barat, Dr Nataniel D Mandacan, M.Si merayakan syukuran hari ulang tahun ke – 60 tahun dirinya, bertempat di rumah jabatan Sekda Papua Barat, Susweni, Manokwari.

Syukuran bertambahnya setahun usia pria kelahiran 11 November 1962 yang telah mengabdi sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) selama 33 tahun ini, selain keluarga, turut dihadiri Plh. Sekda Papua Barat Dance Sangkek mewakili Pemerintah Provinsi Papua Barat, para Asisten Setda Papua Barat, juga beberapa perwakilan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemprov Papua Barat, dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan syukur turut diselingi peribadatan singkat dengan pembacaan firman terambil dalam kitab Amsal 3:16, yakni “Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan”, oleh Pdt. Benny Komegi, dari jemaat GKI Solavide Arfai II, Manokwari.

Usai peribadatan singkat, prosesi penyalaan lilin dan pemotongan kue ulang tahun menjadi kebanggan tersendiri bagi dirinya. Dimana dalam prosesi itu turut didampingi istri tercinta, Ny Sulastri Mandacan, yang juga merupakan mantan Ketua Dharma Wanita Persatuan Papua Barat serta ketiga orang anaknya, sembari beberapa potongan kue dibagikan olehnya kepada enam (6) orang tamu undangan keterwakilan saat itu.

Momentum perayaan ulang tahun tersebut sekaligus digunakannya untuk mengucapkan kata perpisahan dirinya dalam purna tugas sebagai Sekda Papua Barat, namun awal bagi dia melanjutkan pengabdian sebagai pejabat fungsional, dilingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat.

“Saya bersyukur karena boleh 33 tahun berkarir sebagai aparatur negara atau PNS. Dan memasuki usia ke – 60 tahun sebelum pensiun saya ditambah lagi 5 tahun dalam pengabdian. Jadi umur panjang saya akan berkarir sebagai PNS 38 tahun, dengan telah memenuhi semua jenjang karir eselon, dan pangkat saya sudah mentok IV/E atau pembina utama. Jadi ini pengabdian saya,”Ujar Nataniel D Mandacan.

Dimana kini, Dr Nataniel D Mandacan, M.Si, terhitung mulai tanggal (TMT) 8 November 2022, kemarin, telah resmi dilantik sebagai Pejabat Fungsional Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintah Daerah (PPUPD), di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Pelantikan pengambilan sumpah/janji jabatan tersebut, sebelumnya telah dilaksanakan bertempat di Auditorium PKK Papua Barat, Arfai, dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Drs. Paulus Waterpauw,M.Si.

Selain mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas kepercayaan yang selama ini telah diberikan kepadanya sebagai seorang Birokrat, Dr Nataniel D Mandacan, M.Si, diusianya ke-60 tahun itu, dia lalu berpesan dan berharap kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya di lingkup Pemprov Papua Barat, agar dapat bekerja sepenuh hati dan jujur di atas tanah papua, dan sungguh – sungguh berpegang teguh kepada TUHAN.

“Saya mau berpesan kepada rekan – rekan ASN, bahwa kita harus kerja yang jujur. Apapun tanggung jawab yang diberikan kita harus kerjakan. Jangan kerja karena ada motivasi lain. Percaya saja kalau kita kerja baik, maka berkat atau uang itu akan datang. Jangan hanya harap uang saja baru mau kerja, tidak boleh. Sebagai abdi negara saya ingatkan kita semua harus kerja baik dan jujur saja,” Ucap Nataniel Mandacan. [Ris/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *