MOU Dengan Polda Papua Barat STIH Manokwari Siap Tingkatkan SDM Polri

MANOKWARI, gardapapua.com — STIH Manokwari dan jajaran Polda Papua Barat resmi melaksanakan Penandatanganan nota kesepahaman antara Kepolisian Daerah Papua Barat dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum.

Kegiatan itu dilaksanakan pada Senin (19/4/2021) sekira Pukul 10.00 Wit dipimpin langsung Kapolda Papua Barat Irjen Pol Dr Tornagogo Sihombing S.I.K M.S,i. dan dihadiri langsung oleh Ketua Universitas STIH Manokwari, Dr. Filep Wamafma, SH., M.Hum, C.L.A, serta Wakapolda, Irwasda, dan para PJU Polda Papua Barat.

Dalam kesempatannya Kapolda Papua Barat mengatakan bahwa penandatangan mou ini diadakan untuk meningkatkan sumberdaya manusia dilingkungan Polda Papua Barat agar meningkatkan kemampuan dalam bidang hukum yang sangat penting untuk anggota lebih terkhusus penyelidikan.

“Saya harapkan dengan adanya penandatanganan mou ini kita bisa membangun sinergitas antara kepolisian dan perguruan tinggi, namun saat ini yang saya harapkan hukum di tanah papua ini harus bisa mengutamakan hukum yang memang sudah di tentukan dinegara ini tapi saat ini banyak saya lihat masyarakat papua masih mengutamakan hukum adat disini,”Ucap Kapolda.

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari Papua Barat, Dr. Filep Wamafma, SH.,M.Hum dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing atas kepercayaan bagi STIH dalam kerjasama di bidang pendidikan hukum.

Itu artinya langkah cepat dan tepat untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di tanah Papua pada umumnya, tapi Polda Papua Barat secara khusus.

Dalam sambutannya, Filep Wamafma menyampaikan bahwa untuk membangun Papua bukan saja membangun otot seperti kebangaan otot atau fisik bagi orang asli Papua, misalnya seorang atlet lari, tinju dan sepakbola pada umumnya, namun lebih penting adalah harus membangun otak.

“Sekali lagi saya apresiasi langkah yang diambil Kapolda dan jajaran untuk melakukan MoU bidang pendidikan hukum untuk menyiapkan SDM Kepolisian untuk masa yang akan datang. Dengan demikian kami (STIH) mendukung 100 persen kerjasama ini”Ungkap Filep Wamafma saat memberikan sambutan

Secara khusus untuk STIH Manokwari dalam perkembangan, sebut Wamafma, secara hukum memenuhi syarat, baik secara mutu memenuhi syarat, dan STIH Manokwari sendiri memiliki sejarah khusus, sebab kontribusi TNI/Polri untuk tetap mendukung perkembangan STIH Manokwari hingga sekarang ini.

“Dari semua kriteria perguruan tinggi swasta kami sangat sehat, baik sehat secara akademik, sehat administrasi, sehat keuangan, dan sehat dalam memberikan perkulihan dengan sarana prasarana penunjang yang terbilang baik. Bahkan penjaminan sistem mutu pendidikan kami di STIH Manokwari masuk dalam 10 besar untuk indonesia bagian timur”Sebutnya. [*/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *