Tim Kemenkumham PB, Mendadak Razia Kelas III Kaimana, Ada Apa ?

KAIMANA, gardapapua.com — Tim Kemenkum dan Ham RI kantor wilayah Papua Barat mendadak melakukan razia di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Kaimana.

Pemeriksaan atau razia narkoba dan HP terhadap terpidana ini juga dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 57, tahun 2021.

Dari pantauan wartawan, pada Jumat (9/4/2021) malam, Sebelum dilakukan sidak atau pemeriksaan terhadap objek sasaran, Kemenkum dan Ham melalui koordinator rasia Manuel Yenusi dalam apel bersama petugas Gabungan dari TNI,POLRI, personil Lapas, dan beberapa petugas dari Kanwil Kemenkumham PB menjelaskan objek pemeriksaan yang akan dilakukan.

Saat pelaksanaan razia petugas langsung menuju ruangan sel dan melakukan penggeledahan, dengan tetap memperhatikan prokes Covid 19.

Diruang kerjanya Jumat (9/4) usai melakukan razia kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kaimana, Manuel Yenusi membenarkan kegiatan ini dalam rangka menyongsong hari Bhakti Pemasyarakatan ke 57 yang nantinya jatuh pada 27 April mendatang, dimana objek sasaran sesuai dengan SOP pengeledahan narapidana adalah Hp dan Narkoba.

” Memang ada barang yang kita amankan tadi, tetapi itu bukan objek dari operasi dalam rangka hari Bhakti Pemasyarakatan ke 57,” Katanya

Dia mengatakan semua barang sitaan dilaporkan secara online langsung” semua sudah kita laporkan malam ini karena perintahnya begitu, dan dalam kegiatan ini dipantau langsung oleh Kanwil, soal BB yang disimpan,”Tambahnya

Sementara Kasubdit Teknologi dan Informasi dan kerjasama yang membidangi pembinaan Kanwil Kemenkumham Papua Barat, Yuweni menilai kegiatan ini merupakan kegiatan serentak yang dilakukan hari ini, untuk Papua barat itu terpusat di Sorong.

” Jadi Kakanwil Kemenkumham malam ini memimpin razia narkoba dan HP di Sorong sementara di lapas itu hanya perwakilan, untuk Kaimana sendiri dari pemeriksaan malam ini sudah berjalan dan objek razianya tidak ditemukan, memang ada BB lain tetapi itu akan dikirim laporannya, jadi untuk dua objek ini Lapas kelas III Kiamana masih baik dalam melaksnakan standar SOP untuk penghuninya,”Tambahnya.

Kegiatan razia Narkoba dan pemakaian Handphone berjalan aman, lancar dan tertib, untuk di ketahui bahwa penghuni lapas sendiri berjumlah 58 orang narapidana dengan 6 status Tahanan, dan rata rata kasus tertingi adalah kasus asusila. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *