PLT Bupati Sorsel Buka Pelaksanaan Training Of Trainer Pelaku Ekonomi Berbasis Teknologi

TEMINABUAN, gardapapua.com —Bagian Perekonomian Daerah (Perekda) Sekretariat Daerah Kabupaten Sorong Selatan menyelenggarakan Training Of Trainer bagi Pelaku Ekonomi Berbasis Teknologi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gedung Wanita, Kabupaten Sorong Selatan pada (27/10/2020) di buka secara resmi oleh PLT Bupati Sorong Selatan Drs. Martinus Salamuk didampingi Kepala Bagian Perekonomian Daerah (Perekda) Sekretariat Daerah Kabupaten Sorong Selatan Imanuel Gogoba,S.Th, serta salah satu nara sumber dari Balai Diklat Sorong.

Kepala Bagian Perekonomian Daerah (Perekda) Sekretariat Daerah Kabupaten Sorong Selatan Imanuel Gogoba,S.Th, dalam laporanya menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan Training Of Trainer Pelaku Ekonomi Berbasis Teknologi adalah Tindak lanjut kegiatan pada Tahun 2019 Fasilitasi Bimtek pengolahan hasil pertanian di Balitbang melalui balai pasca panen IPB Bogor. yaitu melaksanakan pelatihan pengolahan berbagai potensi lokal maka dipandang perlu untuk ditindalanjuti dengan kegiatan pelatihan bagi calon calon instruktur atau kader dikabupaten Sorong Selatan.

“Mengingat juga, saat ini kami tidak dapat mengundang pelatih dari luar untuk datang melatih kita di Sorong Selatan karena selain faktor anggaran yang terbatas dan juga karena saat ini masih dalam masa pandemic Covid 19 maka kegiatan ini dapat dilaksanakan secara virtual,”Ucapnya

Dengan demikian maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah tersedianya tenaga pelatih yang dapat memberikan pelatihan bagi kelompok perempuan baik yang ada di Ibu kota Kabupaten Sorong Selatan maupun yang berada di distrik maupun kampung serta tersedianya tenaga pelatih sebanyak 10 hingga 15 orang yang kemudian akan dapat memberikan pelatihan kepada kelompok perempuan.

Sementara itu Pjs. Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk saat membuka pelaksanaan kegiatan dimaksud menegaskan bahwa kegiatan ini sangat baik dilaksanakan yang mana bertujuan untuk menyiapkan pendamping atau pelatih dalam rangka pembangunan Ekonomi Berbasis Teknologi atau yang disebut Training Of Trainer (TOT).

Menurutnya sumber daya alam di Sorong Selatan sangat berlimpah ruah karena di Sorong Selatan terdapat Pabrik Sagu, Pabrik Sawit, maupun Pabrik Udang. namun manfaat secara langsung bagi masyarakat ditingkat industry kecil belum dirasakan secara langsung.

Segala macam aneka olahan dari bahan dasar sagu telah diproduksi seperti beras dari sagu, mie, macaroni, serta aneka kue telah dihasilkan namun pendamping dan pelatihnya adalah warga dari luar Sorong Selatan sedangkan yang mengelolah bahan baku ini adalah ibu – ibu yang ada di Sorong Selatan.

“Untuk itu di harapkan kedepan kita tidak perlu datangkan pelatih ke Sorong Selatan karena dimasing masing OPD terkait tenaga pendamping dan pelatihnya sudah ada,”Harapnya

Untuk itu dengan keterampilan yang ada para ibu – ibu yang telah mengikuti pendampingan ini, seyogiayanya dapat menularkan kreatifitas dari masing-masing pendampingan dan pelatihan itu kepada para ibu – ibu lainnya di Kabupaten Sorong Selatan. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *