Pilkada Bintuni : PPP Siap Gabung Jurus Bersama PAN dan Perindo, Sinyal 2 Kandidat Bersaing Ketat ??

TELUK BINTUNI, gardapapua.com – Jelang persiapan pesta demokrasi Pemilukada Serentak, berbagai tahapan kembali telah berjalan sesuai mekanisme.

Diberbagai daerah diindonesia yang merupakan golongan pelaksanaan pemilukada serentak 2020, tentunya riak – riak dukungan mulai disuarakan kepada setiap pasangan calonnya (paslon) calon bupati dan calon wakil bupati (Cabup – Cawabup), tak terkecuali kabupaten teluk bintuni. Salah satu daerah yang dikenal dengan memiliki sumber daya alam (SDA) berlimpah, salah satunya gas alam, dan memiliki APBD terbesar se-papua barat.

Percaturan koalisi partai politik juga mulai bergerak, gerbong dukungan mulai terpasang sesuai komitmen dan berdasarkan visi-misi yang semuanya kembali dan bermuara pada pilihan rakyat.

Terkait akan itu, Ketua DPD Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Teluk Bintuni, Djoko Linggara misalnya, menyebutkan, bahwa partainya sejak awal siap nyatakan dukungan kepada pasangan AYO (Ali Ibrahim Bauw-Yohanis Manibuy).

Ini dibuktikan, dengan komitmen PPP sebagai partai pertama yang menjatuhkan dukungannya kepada pasangan yang dikenal AYO, dan berujung pada penyerahan rekomendasi SAH pada medio bulan februari 2020 lalu oleh sekretaris desk pilkada DPP PPP, Qoyum Abdul Jabbar, bertempat di kantor DPP PPP Jakarta.

“Kami sebagai partai pertama yang mendukung pasangan ayo sangat menyambut baik deklarasi PAN dan Perindo yang juga mendukung beliau berdua ini,”Jelas Djoko, Rabu (24/6/2020)

Ketua PPP Bintuni ini menerangkan bahwa dengan juga telah bergabungnya PAN dan Perindo berdasarkan dukungan selasa (23/6/2020) kemarin, akan membuat koalisi partai pengusung pasangan AYO semakin berpeluang merebut kemenangan dalam Pilkada serentak 09 Desember 2020.

Sehingga ditegaskan Joko, bahwa partainya sangat siap membangun koalisi partai manapun yang sejalan mendukung Ali Bauw dan Anisto.

” Jadi PPP kami sangat berterima kasih kepada rekan – rekan partai politik dari perindo dan PAN yang sudah menyatakan sikap untuk bergabung dengan kami PPP untuk siap memenangkan pasangan calon (Paslon) Ali Ibrahim Bauw – Yohanis Manibuy sebagai Cabup dan Cawabup pada pilkada ini,”Ungkapnya

Sebelumnya, Ketua DPD AMPI Teluk Bintuni, Yohanis ‘Anisto’ Manibuy mengaku kini pasangan Cabup-Cawabup Ali Ibrahim Bauw-Yohanis Manibuy sementara telah memenuhi syarat maju dalam Pilkada Serentak 2020 Teluk Bintuni.

Dengan modal ini, politisi muda yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Bintuni ini optimis rekomendasi dukungan partai lain akan segera menyusul, termasuk rekomendasi dukungan dari DPP Partai Golkar.

“Sebagai bakal calon wabup yang mendampingi bapak Ali Ibrahim Bauw, koalisi 3 partai ini sudah bisa menjadi modal politik bagi kami untuk meyakinkan pimpinan Partai Golkar di DPP untuk ikut mengusung saya sebagai kader terbaik berpasangan dengan bapak Ali,”Beber Anisto

“Jadi kami di partai Golkar ditugaskan untuk melakukan penjajakan koalisi dengan partai lain sembari menyesuaikan tahapan pilkada serentak yang baru akan menggelar pendaftaran pasangan calon pada 4-6 september yang akan datang,”Tukasnya

Sementara itu, salah satu tokoh intelektual moskona, Pieter Masakoda ketika dimintai pendapatnya mengenai dinamika politik jelang Pilkada mengungkapkan kemungkinan besar Pilkada 2020 di Teluk Bintuni hanya akan di ikuti 2 pasangan calon yakni kubu Petahana dan Penantang.

Dua pasangan yang diprediksi ini akan memiliki kekuatan yang berimbang dengan kelebihan masaing-masing pasangan calon. Kata dia, petahana mempunyai dukungan kekuasaan dan finansial sedangkan penantang dengan berbekal dukungan masyarakat kota dan distrik, dan semangat millenial sisar matiti.

“Kemungkinan besar pilkada 2020 hanya 2 kandidat yang memiliki kekuatan berimbang. Petahana punya kekuasaan dan finansial dan penantang punya dukungan masyarakat dalam kota dan distrik, tinggal bagaimana strategi masing-masing pasangan saja,”Ungkap Pieter.

Untuk itu, ia mewakili pemuda moskona berharap kepada semua kalangan mulai dari kaum intelek, tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat agar sama-sama menjaga Pilkada Teluk Bintuni berjalan aman dan damai.

DJoko Linggara juga memaparkan, bahwa hal ini membuatnya sangat bangga dan semakin bersemangat, bersama masyarakat pendukung Paslon AYO agar semakin siap untuk bekerja memenangkan pilkada bintuni demi kembalikan kejayaan teluk bintuni sesuai Harapan rakyat.

Joko kesempatan itu lalu menegaskan kepada para kader, simpatisan militan partai PPP, agar tetap taat asas dan mengamankan amanah partai sesuai petunjuk DPP, bahwa siap memenangkan Paslon AYO, Ali Ibrahim Bauw – Yohanis Manibuy.

” Saya tegaskan, mulai dari pengurus partai sampai dengan anggota DPRDnya sudah harus taat kepada aturan partai. Sehingga kita bersama – sama untuk memenangkan AYO. Jadi kalau ada yang mau melenceng dari keputusan rekomendasi yang sudah diberikan kepada AYO, maka siap – siap untuk menerima sanksi. Jadi harapan saya, mari bersama bergandengan tangan untuk mendukung Paslon pilihan kita Ali Ibrahim Bauw – Yohanis Manibuy (AYO) sebagai Cabup dan Cawabup kita,”Tegasnya [TIM/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *