40 Calon Anggota PPS Ikut Seleksi Tertulis

KAIMANA, gardapapua.com — 40 Calon anggota Panitia Pemutuan Suara(PPS) yang dinyatakan lulus Administrasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaimana, kemarin telah mengikuti seleksi tertulis.

Sesuai pantauan, untuk seleksi tertulis KPU mengunakan dua ruangan SD Negri Krooy, masing maisng ruangan ditempati 20 ruangan.

Ketua KPUD Kaimana melalui Devisi SDM Ali thalib Vitmatan dalam keterangannya kepada awak media membenarkan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan tes tertulis yang diselengarakan hanya sehari untuk calon anggota PPS di kabupaten.

” 40 ini adalah mereka yang ada di kota, yakni mereka yang ada kelurahan kaimana, Krooy, Trikora dan coa ada juga di sisir tetapi ada kebijakan kalau disisir dengan alasan jarak tidak bisa hadir maka mereka akan kami gabungkan dengan kaimana dua, karena kalau kira mau hadirkan semua di kota ini pasti beban untuk mereka oleh karena itu kita pisahkan dan juga biayanya besar makanya,”katanya, Jumat (6/3/2020)

Sementara menyangkut kegiatan yang sama untuk keenam distrik lainnya, disebutkan akan dilaksanakan setelah pelaksanaan tes tertulis bagi Distrik Kaimana.

“Jadwal tahapannya sudah ada, tinggal kita menyesuaikan saja, lagian PPDnya baru dilantik nanti PPDnya sdh ke Distrik lakukan sosialisasi, yang jelas dalam bulan ini,”Jelasnya

“Dan untuk mereka yang akan direkrut dari sekian pelamar, akan diambil 6, dan 3 dari daftar tunggu 3 yang kita gunakan, dari setiap titik. Jadi untuk kaimana misalnya di Kelurahan kaimana, Kelurahan Krooy dan Kampung Trikora serta Kampung coa berarti ada 12 orang yang akan menjadi PPS, artinya 3 orang dikalikan 68 totalnya 258 orang,”Tambahnya menjelaskan

Menyoal materi yang diujikan, dikatakan Fitmatan, bahwa materi yang diujikan adalah materi seputar kepemiluan atau materi yang menyangkut pada tugas fungsi dari PPS itu sendiri.

“Materi soal kepemiluan, dan yang menyangkut dengan tugas dan fungsi PPS itu, limit waktunya 1 jam, setelah ini mereka akan masuk pada tes wawancara atau interview dari interview itulah akan keluar 3orang dari 6 orang per kelurahan atau desa,”terangnya.

Adapun bagi mereka yang nantinya lulus dalam seleksi PPS diharapkan menjalankan tugas dengan ptofesional dan penuh integritas dan selalu berjalan sebagaimana regulasi aturan itu sendiri.

“Memang ini kami buat seselektif karena memang aturan mwnghendaki seperti begitu,”Tambahnya. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *