DaerahGarda Raja Ampat

Cegah Penyebaran Virus Corona, Ini Gerak Cepat Pemda R4

WAISAI, gardapapua.com — Pemerintah Kabupaten Raja ampat, mengeluarkan surat himbauan kepada seluruh pelaku usaha wisata di wilayah Raja ampat untuk waspada penyebaran COVID-19 atau Virus Corona yang sudah masuk indonesia.

Himbauan pencegahan Virus Corona, Pemda Raja Ampat tersebut lebih akan ditujukan kepada operator pelaku wisata.

Kepala dinas pariwisata Raja Ampat,Yusdi Lamantengo,S.Pi., M.Si, selasa, (3/3/2020) kemarin mengatakan, bahwa untuk merespon ancaman Virus Corona yang sudah menjalar ke seluruh Negara termasuk Indonesia saat ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat telah menyampaikan himbauan dan edaran kepada Pelaku Usaha Wisata Raja Ampat.

” Raja Ampat adalah Destinasi Internasional maka kita harus memantau dan mengawasi serta tahu jelas setiap pergerakan wisatawan Kita harus lebih mengintensifkan pengawasan terhadap kedatangan wisatawan ke Raja Ampat,”Ujar Yusdi saat diwawancarai awak media di halaman Kantor Geopark Raja Ampat.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa ada kolaborasi tim yang dipimpin oleh Kadis Kesehatan, Kepala Karantina Kesehatan Dinas Perhubungan, Dinas Parawisata, Polri, Satpol PP, dan semua asosiasi Homestay dalam mengawasi pergerakan Wisatawan.

Ia juga menerangkan, terkait penerapan kewaspadaan ada beberapa langkah yang akan dilakukan. Yaitu, mulai dari proses pendataan, dan pengecekan suhu badan.

” yang utama kita akaj mendata mereka dimana mereka tinggal, yang kedua kita memeriksa kartu kewaspadaan mereka, serta yang ketiga melakukan pengecekan suhu,” Jelas Yusdi.

Yusdi juga mengingatkan, bagi wisatawan setiap masuk Indonesia dimanapun pintunya telah di berikan kartu kewaspadaan dari Karantina Kesehatan.

Terkait itu, maka akan disampaikan melalui surat edaran kepada semua operator wisata Raja Ampat agar untuk siap siaga jangan panik kalau ada sesuatu mengenai tamu, segera hubungi nomor telpon kepala seksi pencegahan penyakit Dinas Kesehatan yang kita sudah berikan, agar segera kita antisipasi dengan baik.

“ Kita berharap dan berdo’a mudahan mudahan Raja Ampat lancar- lancar saja, tidak sampai kesini penyebarannya dan kita tetap tingkatan kesiap siagaan karena Raja Ampat adalah Destinasi wisata Internasional,”Harap Kadis Parawisata [DM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *