DaerahGarda Manokwari

Wabup Edy Budoyo Buka Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bamuskam

MANOKWARI, gardapapua.com — Wakil Bupati Edi Budoyo, secara resmi membuka acara pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Badan Pemusyawaratan Kampung (Bamuskam), Rabu (26/2/2020) bertempat di ruang pertemuan, salah satu hotel di Manokwari.

Pelatihan Bamuskam tahap II tahun 2020 tersebut diperuntukan untuk para Ketua Badan Permusyawaratan Kampung, Kadistrik, sebanyak 25 orang, terdiri dari distrik Tanah Rubuh, Sidey, Masni, Prafi, Warmare dan Staff DPMK Manokwari.

Mewakili Bupati, Wabup Edi Budoyo dalam sambutannya menerangkan, bahwa Badan Permusyawaratan Kampung (Bamuskam) dalam sistem pemerintahan desa sekarang ini memiliki kedudukan penting.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pemerintah desa yang transparan, akuntabel, partisipatif dan responsif.

” Pelatihan ini sebagai modal awal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam kelembagaan bamuskam sehingga nantinya dapat memberikan peran dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat di kampung secara berdaya guna dan berhasil guna,”Ucap Wabup Edi Budoyo.

Hal ini dengan melihat srategisnya kedudukan Bamuskam tersebut mengandung tanggungjawab yang besar terutama dari pemerintah untuk melakukan berbagai hal sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagaimana yang diharapkan.

” Kesempatan ini saya juga tegaskan bahwa melalui kesempatan ini agar Kepala DPMK sebagai OPD terkait pelatihan ini sangat penting dilaksanakan, supaya tugas tanggung jawab, yang selama ini kurang diperhatikan dan sering tumpang tindih, saya tegaskan agar pada anggaran selanjutnya memperhatikan dan memperioritaskan lainnya. Supaya Bamuskam bisa lebih profesional,”Cetusnya.

Adapun pelatihan ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan Kapasitas kelembagaan Badan Permusyawaratan Kampung dalam rangka menjalankan tugas dan fungsinya dalam mengembangkan fungsi-fungsi pemerintahan kampung penuh partisipasi di dalam seluruh proses penyelenggaraan pemerintahan. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *