Pemda Raja Ampat, Terima SAKIP Award 2019 Predikat ‘B’

YOGYAKARTA, gardapapua.com — Pemerintah Kabupaten Raja Amapt berhasil menorehkan prestasi dengan mendapatkan penghargaan predikat B pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Award 2019.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahyo Kumolo, Di Hotel Tentrem Yogyakarta, Jl. P. Mangkubumi 72A Indonesia, Senin (24/2/2020).

Hal tersebut sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan melakukan perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, dan efisien melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Juga, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan hasil evaluasi SAKIP tahun 2019 yang bertajuk SAKIP Award 2019 kepada pemerintah daerah sebagai perwujudan ‘rapor’ akuntabilitas kinerja pemerintah daerah agar setiap pemerintah daerah mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran agar sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kesejahteraan masyarakat.

Adapun 190 pemerintah daerah tersebut terdiri dari 178 kabupaten/kota dari 12 provinsi. Provinsi tersebut meliputi Provinsi Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua Barat, Jawa Tengah, dan D.I Yogyakarta.

Terkait itu, Bupati Abdul Farid Umlati, SE mengatakan dimana hari kinerja dari Pemda Raja Ampat tahun kemarin tak dipungkiri berada di posisi C dan tahun ini di posisi B, menunjukan adanya peningkatan kinerja dan disipilin.

“Pastinya kita berharap tahun depan mandapat nilai A perlu kerja keras Bidang dan Dinas dan dukungan semuanya,”Ungkap Bupati

Oleh karenanya, kedepan pihaknya akan menekankan harus lebih keras keras dalam meningkatkan kinerja sesuai dengan apa yang menjadi penilainan Menpan RB. Sebab, penilian ini sangat objektif dan berdasarkan dari penilaian BPK, Mendagri dan juga Kementrian Aparatur Negara dan Birokrasi.

“Bagi saya ini sangat penting dan banga tentunya,”Cetus Bupati

” Ini sangat jelas bahwa kinerja indokator dari pemda Raja Ampat sangat baik itu di akui dan penilaiannya sangat objektif oleh semua komponen pihak yang kompten penilaian SAKIP yang ada di daerah Kabupaten/Kota/ Provinsi, “Tukasnya menambahkan.

Bupati berharap, melalui SAKIP ini nanti pihaknua akan menuju mendapatkan predikat A tersebut sekali lagi dan tentunya atas kerja keras dan sadar untuk mau memperbaiki kenerja.

” Yang terpenying kita tidak lari dari visi misi dan RPJMD yang telah dituangkan kepala daerah selama lima tahun,”Tandasnya. [Rls/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *