119 Kepala Kampung Dilantik Bupati Sorong Selatan

TEMINABUAN, gardapapua.com — Bupati Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli,SE., MAP, Jumat (07/2/2020) melantik setidaknya 119 Kepala Kampung defenitif bertempat di lapangan apel kantor Bupati Sorong Selatan, (Sorsel).

Pelantikan ini diketahui berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Sorong Selatan Nomor 100/47/BSS/I/ Tahun 2020.

Prosesi pelantikan mengacu pada undang undang Nomor 6 Tahun Tahun 2014 Tentang Desa dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa yang dilanjutkan dengan Pemilihan kepala kampung secara serentak dikabupaten Sorong Selatan yang telah dilaksanakan pada akhir Desember 2019 lalu dan penetapan calon terpilih.

Turut hadir dalam pelantikan ini Gubernur Papua Barat yang diwakil oleh Kepala Bagian Pemerintahan Distrik Kelurahan dan Kampung Biro Pemerintahan Provinsi Papua Barat Nimbrod Idie,S.Sos,MAP, Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk, Sekda Sorong Selatan Dance Yulian Flassy,SE,MSi, Wakapolres Sorong Selatan Kompol Tutur Ompusunggu,S,Sos, Danramil Teminabuan Kapt Inf.Nimrod Duwith Pimpinan OPD, Ketua TP PKK Sorsel Ny Beatriks Anggiluli,SE, Ketua GOW Sorsel Ny Dahlia Salamuk serta para tamu undangan lainnya.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE, dalam sambutannya mengatakan, bahwa pemilihan kepala kampung secara serentak dikabupaten Sorong Selatan merupakan peristiwa yang pertama di provinsi Papua dan Papua Barat yang mana telah berlangsung sukses dan berhasil,ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Sorong Selatan.
“Saya bangga bahwa warga masyarakat Sorong Selatan telah menyalurkan hak pilihnya untuk memilih pemimpin ditingkat kampung sesuai dengan pilihanya masing masing,”Ungkapnya

Secara khusus, bagi para pemilik wing garuda ditingkat kampung yang baru saja disematkan Bupati meminta agar kepercayaan dan amanah yang telah diberikan oleh warga masyarakat kampung agar kiranya dapat dilaksanakan dengan baik.

“ Saya harap kepala kampung dapat melaksanakan tugas dengan baik dan memberikan pelayanan yang optimal,melayani masyarakat dengan hati untuk kesejahteraan masyarakat dimasing masing kampung,”Pesannya mengingatkan.

Diketahui pula, selaku kepala kampung terpilih ini akan memimpin kampung selama 6 Tahun dan ini merupakan pekerjaan yang berat.

“Untuk itu saya meminta agar kiranya dapat merangkul semua warga masyarakat untuk bersama membangun kampung,”Harapnya

Sementara itu Gubernur Papua Barat yang diwakil oleh Kepala Bagian Pemerintahan Distrik Kelurahan dan Kampung Biro Pemerintahan Provinsi Papua Barat Nimbrod Idie,S.Sos,MAP menyampaikan apresiasi sebesar -besarnya kepada kinerja pemerintah Kabupaten Sorong Selatan atas kerja keras yang telah berhasil melaksanakan pemilihan kepala kampung sehingga dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan berhasil dan sukses dan hal ini merupakan peristiwa pemilhan kepala kampung yang pertama dan berhasil dengan sukses dan lancar.

“Hal ini akan menjadi contoh bagi 11 kabupaten yang lainnya di Provinsi Papua Barat agar dapat menerapkanya dikabupaten masing masing ,”Jelasnya

Perlu diketahui, bahwa dalam pemilihan Kepala kampung dikabupaten Sorong Selatan dilaksanakan di 121 kampung namun terdapat 2 kampung yaitu kampung Wendi Distrik Sawiat dan kampung Makaroro Distrik Kais Darat terjadi permasalahan sehingga proses pemilihan ulang akan dijadwalkan kemudian. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *