DaerahGarda Sorong Selatan

Wabup Sorsel Buka Kegiatan Rembuk Tani Tahun 2019

TEMINABUAN, gardapapua.com — Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong Selatan mengelar acara Rembuk Tani Kabupaten Sorong Selatan Tahun 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan (03/08), kemarin, bertempat di Aula P3W Teminabuan, secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk.

Sesuai pantauan, kegiatan itu turut dihadiri oleh, Asisten II Setda Kabupaten Sorong Selatan Hendrik Yohan Kokurule SE, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong Selatan Leonard Momot S.Pt, Ketua KTNA Sorong Selatan Yefta Lattu, Penyuluh Ketahanan Pangan, perwakilan Petani Nelayan dan Peternak di Kabupaten Sorong Selatan.

Ketua Panitia Marianus Nong Desa menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi seluruh kelompok tani,nelayan dan peternak serta penyuluh tani dan stake holder terkait di bawah naungan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong Selatan selain itu kegiatan ini juga bertujuan Untuk membahas potensi dan permasalahan yang dihadapi dalam sektor pertanian sehingga dapat dirumuskan solusi dan upaya pemecahan masalah yang sesuai dengan rencana pembangunan pertanian, dan perikanan dilingkungan pemerintah Kabupaten Sorong Selatan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong Selatan Leonard Momot,S.Pt dalam sambutanya mengatakan bahwa setiap permasalahan tentunya harus diurung rembukan, demikian halnya apa yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan menggelar kegiatan ini.

“Artinya semua persoalan petani nelayan dan peternakan akan diselesaikan ,dipecahkan
secara bersama sama,”Ungkapnya

Dirinya berharap, dengan kegiatan ini, agar semua pihak terkait dapat saling mengisi dan memecahkan persoalan yang ada dan berupaya untuk mengembangkan RKPL dalam rangka memanfaatkan pekarangan rumah dan halaman lahan kosongnya, untuk bercocok tanam.

Sementara itu Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk saat membacakan sambutan Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE mengharapkan, kiranya kegiatan rembuk tani dapat menyelesaikan permasalahan pertanian yg ada.

Dirinya meminta agar harus ada sebuah gerakan baru yaitu gerakan tiap hari harus ada tambahan Luas Tambah Tanam untuk berbagai komoditas di kabupaten ini, karena tanpa menanam kita tidak akan bisa memanen dan tanpa memanen kita tidak akan bisa mendapatkan penghasilan.

Wabup juga menambahkan kegiatan ini untuk mencari solusi dari setiap permasalahan yang terjadi di dunia pertanian perikanan dan peternakan.

” Semoga dalam rembuk ini dapat membahas berbagai potensi dan permasalahan yang dihadapi oleh seluruh pemangku kepentingan pertanian di Kabupaten Sorong Selatan sehingga dapat dirumuskan dan dirembukkan upaya pemecahan masalah yang sesuai dengan rencana pembangunan pertanian Pemkab Sorong Selatan di masa yang akan datang,”Harapnya.

“ Kita juga akan terus meningkatkan produksi unggulan Kabupaten Sorong Selatan berupa Tanaman Sagu dengan berbagai produk turunannya sebagai langkah peningkatan Ketahanan Pangan di Kabupaten Sorong Selatan yang akan terus kita promosikan ke seluruh Tanah Air,”imbuhnya menambahkan.

Untuk itu dengan kegiatan ini, para petani dihimpun dalam acara ini agar dapat bertukar informasi, mencari solusi atas permasalahan yang selama ini mereka alami.

Pasalnya para petani diminta untuk dapat memanfaatkan bantuan yang telah pemerintah berikan kepada petani di antaranya traktor,mesin penggiling manual maupun mesin-mesin pertanian lainya Semua itu di harapkan dapat mempermudah petani dalam memulai pertanian maupun mengolah hasil pertanian

Wabup berpesan kepada PPL agar bekerja maksimal memberikan penyuluhan kepada petani Sorong Selatan dan dapat meningkatkan hasil produksi yang berujung kepada kesejahteraan petani itu sendiri.

Dalam kegiatan ini Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Sorong Selatan menghadirkan Nara Sumber yang berasal dari Balai Penyuluh Pertanian Kabupaten Sorong, Iriyanto, SP, M.MA. [EB/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *