DaerahGarda Sorong Raya

Sambangi Sorsel, BPKP dan Inspektorat Gelar Kegiatan Workshop dan Bimtek Implementasi SPIP

SORONG, gardapapua.com — Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan melalui Inspektorat bersama BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Perwakilan Provinsi Papua Barat, menggelar Kegiatan Workshop dan Bimtek Implementasi Sistim Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Di Kiryad Hotel. Km 10 masuk, Kota Sorong, senin (29/07/2019).

Kepala Inspektur Kabupaten Sorsel Zadrak Kambuaya, S.sos., M.Si, menjelaskan, bahwa terkait kegiatan yang di gelar oleh Inspektorat Sorsel Bersama BPKP tersebut berkaitan dengan sistim pengawasan dan pemeriksaan dalam rangka peningkatan Otoritas SPIP di setiap SKPD.

“Kami berharap dengan diadakan Kegiatan SPIP ini lebih menerapkan disiplin pengawasan pada setiap SKPD sesuai dengan tujuan serta fungsi kerja masing masing SKPD, sehingga tidak keluar dari RPJMD yang di tetapkan oleh pemerintah daerah,”ucapnya

Ditambahkan, bahwa terkait pelaksanan kegiatan tersebut, adalah agar Inspektorat Sorong Selatan sebagaimana sudah membetuk tim satgas SPIP, yang tergabung dari setiap OPD masing masing Instansi, dapat lebih menerapkan pada sistim pengawasan dan pemeriksaan dan SPIP yang di bentuk ini akan bekerja di bawah pengawasan Tim Apic.

Lanjut Zadrak menjelaskan, Peran dari Apic yaitu memberi servis Asurens dalam bentuk Audit, Reviuw, Monitoring dan Apic ini berkaitan dengan SPIP yang tugasnya membantu pemda dalam sistim pengawasan dan pemeriksaan, tetapi di lain pihak Apic harus di dayagukan di tingkatkan sumber daya manusianya SDM, tetapi secara umun Apic belum terlalu maksimal karena ada sedikit terkendala dengan anggaran, untuk itu salah satunya di bentuk SPIP yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, yang bertujuan memberi masukan pada pemimpin daerah setempat.

” Harapanya kepada setiap SKPD yang mengirim Stafnya untuk mengikuti kegiatan SPIP ini, sekembali bisa menerapkan peningkatan, terutama SPIP di setiap SKPD, sehingga dapat bekerja dengan baik sesuai tujuan fungsi masing masing dalam peningkatan mutu pengawasan kegiatan di setiap Instansi terkait,”Jelasnya.

Sesuai pantauan gardapapua.com, para peserta yang hadir dalam kegiatan SPIP ini yaitu, para unsur pimpinan beserta anggota BPKP Provinsi Papua Barat, dan beberapa lingkup SKPD di lingkungan pemda sorsel.

Sesuai jadwal Agenda BIMTEK tersebut kegiatan akan berlangsung selama 5 hari yakni sejak tanggal 29 juli hingga 2 Agustus dengan sejumlah pembahasan materi terkait. [RK/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *