Tim Iden Polda PB dan Jajaran Polres, Pelatihan Aplikasi Face Searching INAFIS Portable

MANOKWARI, gardapapua.com — Anggota Identifikasi pada jajaran Polda Papua Barat dan anggota polres terkait, mengikuti kegiatan Pelatihan Aplikasi Face Searching INAFIS Portable T.A 2019.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 29 s/d 30 Juli 2019, menghadirkan Tim instruktur narasumber dari INAFIS Mabes Polri.

Pembukaan pelatihan face searching oleh Direktur Reskrimum Polda Papua Barat yang diwakili Wadirum AKBP Romy Tamtelahitu, senin (29/7/2019), kemarin.

Wadirum AKBP Romy Tamtelahitu menyampaikan, para peserta pasca usai mengikuti pelatihan dimaksud, agar dapat memanfaatkan sarana yang ada secara maksimal dalam mendukung tugas-tugas pengungkapan kasus secara scientific investigation.

Terutama bagi para anggota polri pada bidang penyidikan, dan anggota kepolisian pengemban fungsi Inafis jajaran Sat Reskrim Polres pada Polda Papua Barat.

” Dewasa ini tantangan tugas yang dihadapi oleh kepolisian semakin kompleks. Globalisasi dan modernisasi bukan hanya menciptakan relasi sosial antar negara, namun juga melahirkan kejahatan dengan teknologi yang semakin canggih, kondisi ini semua menjadi tantangan yang harus dijawab oleh Polri, “Kata Wadirum AKBP Romy Tamtelahitu, kepada gardapapua.com, Rabu (31/7/2019).

Lanjut diterangkan, bahwa tugas dibagian ini memerlukan kejelian dan ketelitian terhadap
bagaimana anggota Polri dituntut mampu mengelola barang bukti yang ada di tkp yang ada kaitannya dengan kejadian di lokasi. Sebab, sekecil apapun barang bukti yang ada di lokasi tkp sangat penting dalam proses pengungkapan seuah kasus yang terjadi dan ditangani.

Dalam pengolahannya, Sistem kerja inafis mengunakan science terdapat beberapa macam metode dalam olah tkp dan pengembangan barang buktinya.

” Fungsi identifikasi amat di perlukan sebagai pendukung dalam penuntasan pengungkapan kasus secara profesional dan modern, “Jelasnya

“Sehingga melalui alat face searching Polri alat canggih polri untuk identifikasi pelaku hanya dengan foto di medsos, koran, hp, komputer, dll, semoga kedepan dapat lebih membantu tugas Polri khususnya timniden dilapangan bekerja cepat, tepat dan maksimal, “Tambahnya

Dengan demikian, melalui pelatihan aplikasi face searching Inafis Portable ini, kedepannya petugas identifikas semakin siap untuk menjawab tantangan yang ada kedepan dalam membantu pengungkapan perkara pidana.

Para peserta yang hadir antara lain berasal dari jajaran anggota Reskrim, Polda papua barat, polres manokwari, polres bintuni, polres sorong selatan, polres sorong aimas, Polres kaimana, polres sorong kota, Polres wondama, Raja Ampat, dan Fak-fak.[Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *