Gunung Sinabung Meletus, Abu Vulkanik Bertebaran, Jarak Pandang Terhalang

SUMUT, gardapapua.com — Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara kembali erupsi pada Minggu 9 Juni 2019, kemarin.

Dilaporkan, bahwa gunung Sinabung meletus dengan tinggi kolom 7 km. Letusan ini disertai awan panas ke arah Tenggara 3,5km & Selatan 3km serta suara gemuruh sampai ke pos pengamatan dan terjadi pada hari tanggal 9/6/2019-16:28 WIB, setelah sebelumnya berada di level III atau siaga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Dadek dalam keterangan tulisnya menyampaikan bahwa abu vulkanik yang disemburkan Gunung Sinabung telah telah menyebar luas di 5 (lima) kecamatan Kabupaten Aceh Selatan.

Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Selatan mulai menerima sebaran abu vulkanik yang dimuntahkan gunung Sinabung, antara lain Kec. Trumon Timur, Kec. Trumon Tengah, Kec. Trumon, Kec. Bakongan, dan Kec. Kluet Utara.

” Sejumlah rumah warga mulai diselimuti abu. jarak pandang juga menjadi terganggu,”Ucapnya

Dadek menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait, khususnya Dinas Kesehatan setempat untuk menentukan langkah dan upaya yang akan dilakukan berikutnya.

“Kebutuhan mendesak saat ini adalah masker dan peralatan medis lainnya,”Bebernya menerangkan.

Keterangan Letusan Gunung Sinabung, Sumut.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo dalam keterangan yang disampaikan melalui akun twitternya @sutopo_PN mengatakan Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meletus pada Minggu, (9/6/2019) sekitar pukul 16.28 WIB.

“Gunung Sinabung meletus dengan tinggi kolom 7 km. Letusan disertai awan panas ke arah Tenggara 3,5 km dan Selatan 3 km serta suara gemuruh sampai ke pos pengamatan G. Sinabung. Letusan terjadi pada 9/6/2019 pukul 16:28 WIB. Erupsi ini dengan durasi ± 9 menit 17 detik,”Dalam keterangan tulisnya di tweett. [**/Rls/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *