Apel 3 Pilar Di Sorong, Begini Harapan Komitmen Kamtibmas

AIMAS, gardapapua.com — Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Rudolf Albert Rodja, Pangdam XVIII Kasuari Mayor Jenderal TNI Joppye Onesimus Wayangkau, dan Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan menggelar Apel tiga Pilar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) demi terciptanya suasana Pemilu tahun 2019 yang aman, damai dan sejuk.

Pelaksanaan 3 Pilar yang melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Kampung diwilayah Papua Barat ini dilaksanakan untuk meningkatkan sinergitas antara TNI, Polri dan Pemerintah, Rabu, (6/3) pukul 09.45 WIT bertempat di gedung ACC Sorong, Aimas.

Kapolda Brigjen Pol Drs Rudolf Albert Rodja Saat memberikan Arahan Sambutan.

Apel 3 pilar tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Papua Barat Drs D. Mandacan ditandai dengan pemukulan tifa secara bersamaan oleh Gubernur Papua Barat, Pangdam XVIII Kasuari, Kapolda Papua Barat, dan Pangko Armada III Sorong.

Turut hadir Kabinda Papua Barat, Pejabat Utama Polda Papua Barat, Para AsKodam XVIII Kasuari, Danrem Sorong, Para Kapolres Jajaran, Kabag Ops, Kasat Binmas se Polres Jajaran Polda Papua Barat dan para Kapolsek, Para Kasi Kodim sePapua Batat, Dandim se Papua Barat, Danramil se Sorong Raya, Ketua KPU Provinsi bersama Ketua KPU Kabupaten, Ketua Bawaslu Provinsi Papua Barat dan Ketua Bawaslu Kabupaten di wilayah Papua Barat, Para Bupati di wilayah Papua Barat dan juga Babinsa, Bhabinkamtibmas, anggota Pos perbatasan Marinir, Camat, Lurah dan Kepala Kampung wilayah seSorong Raya, serta beberapa organisasi kemasyarakatan seperti Komunitas Pecinta Polri, dan beberapa LSM.

Kapolda Brigjen Pol Drs Rudolf Albert Rodja dalam arahannya menyampaikan, bahwa suksesnya Pemilu 2019 merupakan tanggung jawab bersama. indikator suksesnya pengamanan pemilu antara lain dapat lihat yakni Tingginya partisipasi masyarakat, Tidak ada kegiatan money politik, Kegiatan kampanye berisi ide/gagasan dan progran bukan sara, hoax, menyebar kebencian dan serangan cyber serta stabilitas keamanan dan penegakan hukum pemilu yang profesional transparan dan akuntabel.

Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs. Rudolf A. Rodja juga menyampaikan bahwa TNI/Polri harus secara berjenjang mengatur strategis dan menguasai taktis saat pelaksanaan pengamanan di lapangan nantinya.

Pose bersama wujud komitmen Kamtibmas Di Papua Barat.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat Drs D. Mandacan mengatakan, bahwa keamanan bukan hanya tugas TNI dan Polri, melainkan tugas bersama semua pihak dan perlu dukungan masyarakat harus bisa menjaga keamanan.

Apel 3 pilar yang dilaksanakan ini untuk membahas kesiapan dalam menjelang Pemilu 2018. Seluruh instansi diharapkan dapat membawa Provinsi Papua Barat menuju Pemilu 2019 yang aman, damai dan kondusif.

” Sebagai aparat yang terdepan, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Kampung serta peran masyarakat diharapkan dapat memberikan arahan dan bimbingan kepada seluruh masyarakat binaan untuk mempergunakan hak pilihnya dengan baik dalam pemilu 2019 ini,”Himbau Gubernur Papua Barat Drs. D. Mandacan.

Kurang lebih 2000 peserta menghadiri kegiatan tersebut dengan harapan semakin solid para pilar pemangku kebijakan dan keamanan daerah Di Papua Barat memberikan motivasi terwujud serta terpeliharanya Kamtibmas yang aman, dan harmonis.

Disela kegiatan tersebut dilaksanakan juga pemberiaan penghargaan kepada 16 Babinsa, 12 Bhabinkamtibmas, dan 2 Kepala Kampung yang berprestasi yang diserah oleh Kapolda Papua Barat didampingi oleh Gubernur Papua Barat, Pangdam XVIII Kasuari, dan Pangko Armada III Sorong. [Ian/Red]

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *