H-1 Jelang Debat Pertama Pilpres 2019, KPU Klaim Persiapan ‘Aman’

JAKARTA, gardapapua.com — Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, Jelang H-1 perhelatan debat perdana Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah bersiap diri, salah satunya adalah menyiapkan fasilitas nonton bareng atau nobar di luar gedung arena debat, dan sisi keamanan yang tetap harus kondusif.

” Persiapan debat kita untuk besok malam sejauh ini sudah siap semua, rapi semua. kita tinggal menastikan hari ini undangan yang kita kirimkan sampai kepada alamat – alamat yang benar, tinggal itu saja,”Ucap ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, di Kantor KPU Pusat, Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Untuk teknisnya sendiri, bagi para simpatisan atau masing – masing pendukung akan disediakan arena (nobar) di luar gedung. Ini dikarenakan, pada ruangan acara terbatas daya tampung maka dalam ruangan itu hanya muat 500 orang.

” Jadi karena ruangan acara terbatas, maka dalam ruangan itu hanya muat 500 orang. nah masing – masing pasangan calon kita beri hak untuk menghadirkan 100 orang lalu kemudian 300 yang lain itu menjadi kewenangan kpu untuk mengundang mereka. bagi para simpatisan atau pendukung, kita sediakan arena di luar gedung. sudah kita siapkan dengan baik bekerja sama dengan aparat keamanan untuk memastikan yang di luar juga tetap berlangsung kondusif,”Jelasnya

Ia menerangkan, fasilitas nobar tersebut diadakan untuk mengakomodasi simpatisan maupun pendukung yang tidak dapat masuk ke arena debat, karena ruangan terbatas.

Pramono melanjutkan, debat pilpres ini sendiri bukan bertujuan untuk menimbulkan kontroversi, namun diharapkan sebagai ajang pasangan capres-cawapres menyampaikan visi-misi dan programnya.

” Bagi pasangan calon diimbau untuk tidak memberikan pertanyaan spesifik mengenai kasus tertentu pada paslon lainnya saat debat, namun kita harapkan acara debat ini menjadi ajang dimana masing-masing pasangan calon mampu memperlihatkan gagasannya secara utuh bukan untuk menimbulkan kontroversi lebih dalam,” Tandasnya.

Sekedar diketahui, kedua Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, akan mengikuti debat yang bertema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme’. Dalam Debat perdana itu sendiri akan dimoderatori oleh Ira Koesno dan Imam Priyono, serta disiarkan langsung pada 5 stasiun televisi se – indonesia. [Mad]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *