Aspirasi RakyatNasional

Ruas Jalan Trans Sumatra, Lampung – Palembang 2019 Rampung

LAMPUNG, gardapapua.com — Presiden Joko Widodo kembali melakukan kunjungan kerja dengan meninjau langsung ruas jalan tol Trans Sumatera. Lokasi peninjauan tersebut tepatnya berada di ruas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan panjang keseluruhan mencapai 140,83 kilometer.

“Kita harapkan ini (Bakauheni-Terbanggi Besar) akan diselesaikan Desember ini. Kemudian yang sampai Palembang akan kita selesaikan nanti pertengahan 2019,” kata Presiden pada Jumat, 23 November 2018.

Presiden Jokowi Menyimak Laporan Perkembangan Trans Sumatra.

Ruas jalan tol tersebut nantinya akan terhubung hingga Palembang dengan panjang kurang lebih 350 kilometer.

Adanya jalan tol ini, Presiden Jokowi berharap dapat memberikan dampak positif bagi kelancaran mobilitas barang dan masyarakat di Pulau Sumatera, melalui ruas jalan tol Trans Sumatera yang akan tersambung satu sama lain, sehingga distribusi logistik akan menjadi lebih efisien.

Selain itu, daerah kawasan-kawasan industri dan ekonomi khusus dengan adanya jalan tol Trans Sumatera ini juga akan membuat kawasan tersebut semakin diminati para investor.

“Kita harapkan dengan terbangunnya ini daya saing akan lebih baik, titik-titik pertumbuhan ekonomi di sekitar jalan ini akan terintegrasikan nantinya dengan kawasan-kawasan industri dan kawasan-kawasan ekonomi khusus yang semua sedang dalam proses dibangun,” ujar Presiden.

Adapun untuk keseluruhan, Presiden Joko Widodo mengatakan, ruas Jalan tol Trans Sumatera diperkirakan akan terhubung mulai dari Bakauheni hingga Banda Aceh pada tahun 2024 mendatang.

“Tadi saya baru saja hitung-hitungan dengan Pak Menteri PU (Pekerjaan Umum), mungkin 2024 insyaallah,” tuturnya.

Untuk diketahui ruas jalan tol yang ditinjau Presiden kali ini sudah berada dalam tahap penyelesaian akhir di mana proses pembangunan fisik telah mencapai di atas 96 persen. Diperkirakan ruas tersebut sudah dapat dioperasikan pada Desember 2018 ini.

Sesuai realese yang dikeluarkan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, kesempatan kunjungan peninjauan langsung Jalan Trans Sumatra Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo. [DD/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *