Garda KaimanaGarda Papua BaratHUMANISInfo EkobiezUncategorized

Kadis Perindagkop Kaimana Apresiasi BI Gelar Pelaksanaan CBKP Bukti Tingkatkan Sinergitas TPID

KAIMANA, gardapapua.com — Plt. Kepala Dinas Perindagkop dan UKM, Kabupaten Kaimana, M. Husein Hassannoesi mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan pelaksanaan penyusunan laporan kinerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Tahun 2023, yakni Capacity Building dan Konsiyering Penyusunan Laporan Kinerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Se- Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya Tahun 2023 di Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Papua Barat ini berlangsung dua hari, sejak Rabu, 21 Februari 2024 sampai Kamis 22 Februari 2024 di Hotel Rylich Panorama Kota Sorong.

Adapun pelaksanaan Capacity Building dan Konsiyering Penyusunan Laporan Kinerja Tim Pengendali Inflasi, tentu diperlukan berbagai langkah strategis dan inovatif dalam menjaga dan mengawal inflasi di daerah kedepannya dapat berjalan lebih baik lagi.

Setidaknya, mewakili Pemerintah Kabupaten Kaimana, terdapat dua OPD yang tergabung dalamTim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Se- Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya Tahun 2023 yakni Dinas Perindagkop UMKM dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Plt. Kepala Dinas Perindagkop dan UKM, M. Husein Hassannoesi dan Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Alexander Furay, mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana.

Plt. Kepala Dinas Perindagkop dan UKM, M. Husein Hassannoesi menuturkan, bahwa kegiatan tersebut dinilai sangat bermanfaat terkait dengan kewajiban TPID di setiap Kabupaten/Kota dalam pelaporan perkembangan inflasi, termasuk pelaporan setiap triwulan pelaksanaan kegiatan TPID dalam rangka pengendalian inflasi di Daerah.

“Kami dari Kabupaten Kaimana telah menyelesaikan laporan triwulan 1 sampai dengan triwulan 4 dan juga dokumen pelaksanan kegiatan TPID dan telah di upload pada website TPIN pada tanggal 22 Februari 2023 kemrin,”Ungkap Plt. Kepala Dinas Perindagkop dan UKM, M. Husein Hassannoesi.

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan berkaitan dengan pengendalian inflasi selama Tahun 2023 oleh OPD teknis yaitu Dinas Perindagkop dan UKM, dikatakan Plt. Kepala Dina Peridagkop dan UMKM Kabupaten kaimana yakni melaksanakan kegiatan operasi pasar (pasar murah,red).

“Tahun 2023 dua kali yaitu dalam rangka menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yakni hari raya Idul Fitri dan hari raya Natal Tahun 2023,”Ujarnya.

Selain itu, kegiatan operasi pasar yang dilaksanakan oleh dinas ini, dinilai sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok dengan harga yang relatif terjangkau terutama dalam menghadapi hari besar keagamaan nasional (HBKN).

Senada dengan itu, Alexander Furay, selaku Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kaimana menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2023 oleh Dinas adalah kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) dan penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) serta Pencanangan Gerakan Tanam Jagung.

“Adapun kegiatan lain yang juga dilaksanakan dinas sebagai bentuk upaya untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap beras, yaitu dengan melaksanakan pencanangan program Gerakan Tanam Jagung kepada masyarakat kaimana sebagai bentuk program Pangan nonberas yang memiliki nilai gizi dan energi, setara beras dan kandungan anti oksidant bermanfaat bagi Kesehatan,”Ujar Alexander Furay.S.P. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *